Jasa Marga Targetkan Tol Pandaan – Malang Beroperasi Awal 2019

PANDAAN-PASURUAN (Suarapubliknews.net) – PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) sampai akhir bulan September, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1 mencapai 87,157%, 63,118% untuk Seksi 2, 75,188% (Seksi 3), 47,532% (Seksi 4), dan 23,112% (Seksi 5).

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo saat mengunjungi Jalan Tol Pandaan-Malang bersama mahasiswa/i Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang mengatakan seksi 1 sampai 3 ditargetkan tahap konstruksi selesai awal Desember tahun ini.

“Dan dapat beroperasi pada Januari Tahun 2019. Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,47 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km. Jadi, total panjang jalan tol ini adalah 38,488 km.,” paparnya.

Selain itu, pengadaaan lahan mencapai lebih dari 90% dari total keseluruhan lahan. Ia yakin, dalam waktu tidak lama jalan tol ini akan beroperasi. Setelah beroperasi nanti, Jalan Tol Pandaan-Malang akan membawa dampak ekonomi tak hanya bagi pengguna jalan tol itu sendiri, namun juga lingkungan sekitar.

“Kalau sekarang dari Surabaya ingin ke Batu untuk liburan bisa memakan waktu lima sampai enam jam di saat liburan. Nanti, setelah lewat tol mungkin tidak sampai satu jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam,” lanjut Agus yang didampingi Corporate Secretary Jasa Marga, Agus Setiawan.

Sementara dalam dalam ajang IDBexpo 2018 sendiri, PT Jasamarga Properti (JMP), anak usaha Jasa Marga yang bergerak di bidang properti, turut menghadirkan proyek-proyek yang digagasnya dalam IBDexpo 2018.

Saat ini, PT JMP tengah fokus mengerjakan sejumlah proyek, seperti beberapa rest area atau atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di koridor Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga lainnya. Berbagai rest area tersebut tersebar antara lain di Jalan Tol Solo-Ngawi dan ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Selain _rest area_, PT JMP juga sedang menggarap dua proyek residensial di wilayah Jawa Timur, yakni Royal Pandaan dan Spring Residence Sidoarjo. Royal Pandaan adalah kompleks hunian eksklusif berkonsep urban resor yang dibangun di atas lahan sekira 6 hektare. Kawasan hunian ini memiliki lokasi yang strategis menuju kota-kota besar seperti Surabaya dan Malang. Selain itu, Royal Pandaan berjarak 0 km dari Exit Jalan Tol Pandaan. (q cox, Tama Dinie)

Reply