Jatim Raya

Jelang Lebaran, Tindak Pidana Curanmor di Wilayah Jember Selatan Meningkat

18
×

Jelang Lebaran, Tindak Pidana Curanmor di Wilayah Jember Selatan Meningkat

Sebarkan artikel ini

JEMBER (Suarapubliknews) – Lebaran tinggal beberapa hari lagi, jumlah tindak pidana Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) di wilayah Jember wilayah Selatan cukup meningkat, utamanya di wilayah Jombang dan Gumukmas.

Dari hasil penangkapan petugas, salahsatu pelaku yang berhasil diamankan petugas pada 10 April lalu mengakui telah beraksi di 11 TKP, yakni pelaku berinisial DN (27) yang kini diamankan Polsek Jombang.

Namun, kasus yang sama juga kembali terulang. Hanya dalam waktu sehari, warga berhasil mengamankan pelaku tindak kriminal Curanmor, yakni pada Minggu pagi (26/5/19), dan petugas Polsek Jombang berhasil mengamankan pelaku.

Nama pelaku Syahrul Ulum warga Dusun Karangrejo Desa Dargowok Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, yang akhirnya tertangkap basah oleh warga saat sedang beraksi di Pasar Kecik Jombang

Kemudian pada Minggu petang, pelaku Curanmor bernama Muhammad Haris (20) warga Dusun Krajan Desa Bago Kecamatan Pasirian Lumajang, juga berhasil diamankan warga saat beraksi di Dusun Krebet Desa Gumukmas Kecamatan Gumukmas.

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Kecik, aksi pelaku diketahui oleh warga yang belakangan diketahui bernama Syahrul Ulum. Pelaku sempat mendapat bogem mentah dari warga lantaran perbuatannya kepergok warga.

Namun aksi main hakim sendiri oleh warga ini terhenti karena petugas Polsek Jombang segera mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolsek Jombang untuk di proses lebih lanjut.

Kanit Reskrim Polsek Jombang Aiptu Iwan Iswahyudi SH.di temui Wartawan di ruang kerjanya menyampaikan, jika pelaku Curanmor di parkiran Pasar Kecik pelaku tidak sendirian.

“Dia datang bersama 4 orang temannya yang kini identitasnya sudah di kantongi dan masih dalam pengejaran,” ucapnya.

Guna penyelidikan dan pengembangan kasus ini, pelaku saat ini telah diamankan di Mapolsek Jombang beserta barang bukti hasil curiannya yakni kendaraan sepeda motor Honda Vario P 5196 TN.

Kasus Curanmor juga terjadi di Dusun Krebet Desa Gumukmas. Pelaku diketahui bernama Muhammad Haris (20) Dusun Krajan Desa Bago Kecamatan Pasirian Lumajang

“Berawal dari warga mengetahui pelaku melakukan aksinya saat pemilik motor sedang berbuka puasa, pelaku mengambil sepeda dengan cara di seret dari depan rumah korban,” kata Kanit Reskrim Polsek Gumukmas, Aiptu Amin Sahril SH.

Kata Amin, kemudian korban mengetahuinya, lantas Korban menghampiri pelaku dan pelaku malah mengambil sebatang kayu yang ada dekatnya dan memukulkan kayu tersebut kepada korban

Korban berlari sambil berteriak-teriak minta tolong kepada warga, merasa keselamatan pelaku terancam, pelaku meninggalkan sepeda milik korban begitu saja dan melarikan diri.

“Warga mengejar pelaku kemudian berhasil di tangkap oleh warga kemudian di amankan ke polsek,” tutur Amin.

Setelah kita lakukan interogasi, kata Amin, ternyata pelaku dalam melakukan aksinya tidak sendirian. Ia bersama kedua temannya bernama Agung dan Feri asal warga Malang, yang saat ini sudah kita upayakan untuk mengejar keduanya.

Pengakuan pelaku hanya sekali melakukan, tidak membuat Amin percaya, karena Tempat Kejadian Perkara di wilayah hukum Polsek Gumukmas cukup banyak.

“Sehingga kita akan berupaya untuk melakukan pengembangan semoga bisa terungkap untuk TKP yang lain, korban mengaku jika melakukan perbuatannya di gunakan untuk keperluan hidup sehari-hari,” pungkas Amin. (q cox, Thr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *