Kafilah Jatim Peduli Bencana Banjir Bandang dan Longsor

BANJARMASIN (Suarapubliknews) – Mensyukuri atas nikmat Juara Umum pada gelaran MTQ Nasional Ke-XXIX di Kalimantan Selatan, Kafilah Jatim melakukan penggalangan donasi peduli bencana untuk korban banjir dan tanah longsor yang terjadi disejumlah kabupaten diwilayah Jawa Timur. Penggalangan donasi tersebut dilakukan sesaat sebelum meninggalkan tempat penginapan di Banjarmasin untuk kembali ke Jawa Timur, Kamis (20/10).

Ketua III Lembaga Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Jatim, KH Abdul Hamid di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (20/10/2022) mengatakan, penggalangan dana tersebut dilakukan secara spontanitas yang nantinya akan disalurkan melalui BPBD Jatim. “Alhamdulillah terkumpul dana senilai Rp 15 juta  Semoga dana tersebut bisa meringankan sebagian saudara kita yang terkena musibah banjir dan longsor,” ungkapnya.

Abdul Hamid berharap, sepulang di Jawa Timur, peserta Kafilah Jatim diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas bacaan Al Qurannya. Karena sejatinya belajar tidak terbatas setelah juara, namun sepanjang hayat. Apalagi ini ilmu Al-Qur’an, belajarnya harus utama. “Saya juga menghimbau agar juga mengajarkan pada yang lainnya. Sehingga syi’ar dan dakwah Qur’ani menjadi bagian dari perilaku masyarakat Jawa Timur,” terangnya.

Sebelum kembali ke Jawa Timur, Kafilah Jatim melakukan kegiatan bertajuk “Ngalap Berkah Guru” usai melakukan Sholat Subuh berjamaah. Kegiatan yang diikuti oleh semua peserta Kafilah Jatim ini, dilakukan dengan mendengarkan satu persatu kesan dan pesan oleh para pembina MTQ Nasional Ke-XXIX dan pengurus LPTQ Jatim, yang selama ini telah memberikan pembinaan, pendampingan dan pengajaran mulai dari saat pertama kali pembinaan di Jawa Timur pada peserta lomba.

Rencananya, Kafilah Jatim kembali pulang ke Jawa Timur, Kamis (20/10/2022) sore dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pukul 18.20 WIT dan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya sekitar pukul 18.20 WIB.

Sekretaris LPTQ Jatim, Muhammad Isa mengatakan, rencananya Gubernur Khofifah Indar Parawansa akan menyambut langsung kedatangan Kafilah Jatim di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penyambutan akan dilakukan di Gedung VVIP Room Bandara Internasional Juanda.

Isa menambahkan, Kafilah Jatim rencananya pada puncak Hari Santri 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, juga kembali akan diundang Gubernur Khofifah untuk mendapatkan bonus atas prestasi sebagai Juara Umum pada MTQ Nasional Ke-XXIX di Kalimantan Selatan. “Mohon doa dan restunya, semoga perjalanan kepulangan Kafilah Jatim diberikan kelancaran dan bisa bertemu kembali dengan keluarga di rumah,” pintanya. (Q cox, tama dini)

Reply