BisnisJatim RayaPeristiwa

Kampanye Kurangi Sampah Plastik, Hima Kesehatan Masyarakat Unusa Gelar Kegiatan Rampas Tas Kresek

15
×

Kampanye Kurangi Sampah Plastik, Hima Kesehatan Masyarakat Unusa Gelar Kegiatan Rampas Tas Kresek

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Jika tiba-tiba Anda ke luar dari minimarket di Kelurahan Wonocolo dan membawa tas kresek hasil belanjaan, jangan keburu kaget dan berteriak, jika tiba-tiba ada orang yang merampas hasil belanjaan Anda. Itulah aksi rampas tas kresek yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Kesehatan Masyarakat Unusa bersama dengan Nowaste.Surabaya.

Kegiatan ini diberi nama Anoplas. Tapi jangan khawatir setelah belanjaan Anda yang dibawa dalam tas kresek di rampas, Anda akan menerima ganti dengan tas yang lebih ramah lingkungan, yang terbuat bukan dari plastik. Aksi rampas tas kresek ini adalah kegiatan yang dinisiasi mahasiswa untuk peduli pada lingkungan dalam rangka memerangi penggunaan tas kresek berbahan plastik serta salah satu rangkaian Public Health Fair (PHF).

Founder Nowaste.Surabaya, Sofi Azilan Aini menjelaskan acara ini sebagai bentuk kecintaan mahasiswa Unusa terhadap lingkungan dengan membatasi penggunaan plastik. “Mahasiswa Unusa merampas plastik dan langsung diganti dengan tas yang sudah disediakan. Melalui cara ini harapannya bisa mengubah kebiasaan masyarakat dalam penggunaan plastik,” katanya.

Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Mahasiswa ini menilai penggunaan plastik sudah cukup banyak, selain itu bahan plastik merupakan bahan yang susah untuk diuraikan. “Membutuhkan waktu puluh jutaan tahun untuk bisa diurai, sehingga nantinya sampah ini akan menumpuk,” terang Sofi.

Kegiatan rampas tas kresek ini dilakukan di tiga titik minimarket yang berada di wilayah Kelurahan Wonocolo. Dalam kegiatan ini, Hima Kesmas Unusa bersama Nowaste.Surabaya merampas lalu menukarkannya dengan kantong kresek yang lebih ramah lingkungan atau tas belanja yang bisa diguna ulang atau reusable bag.

“Kami tidak hanya sekedar menukar, kami juga mengedukasi masyarakat untuk mengurangi sampah dengan cara membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja,” ungkap Sofi.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, melalui kegiatan ini masyarakat dapat edukasi tentang bahaya penggunaan plastik. “Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan, supaya masyarakat tahu bahwa penting untuk menjaga lingkungan sekitar dari sampah plastik,” ucap Salah satu pengunjung minimarket, Yono Susilo.

Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik dapat meningkat, sehingga sampah plastik di Indonesia dapat berkurang. “Dari langkah kecil ini dapat berdampak besar dan diharapkan dapat ditiru oleh semua masyarakat,” terang Yono. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *