Kantor Disparbudpora Sumenep Akan Jadi Spa Keraton

SUMENEP (Suarapubliknews.net) – Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan beralih fungsi. Sesuai rencana, kantor Disparbudpora akan dijadikan tempat Spa Keraton.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si mengatakan saat ini kantor yang dipimpinnya ini butuh pengembangan bangunan. Sedangkan, yang ada sekarang tidak boleh diubah karena sesuai Undang-Undang Cagar Budaya, setiap bangunan yang tercatat sebagai cagar budaya dilarang untuk dirubah.

“Dalam waktu dekat kami akan pindah ke bangunan kantor Dinas Kebersihan di Jalan Gotong-Royong. Karena kantor ini masuk bangunan cagar budaya,” katanya.

Rencananya di lantai 2 kantor lama itu nantinya akan dijadikan Museum Pusaka atau Museum Keris. Fungsinya nanti akan berisi pusaka-pusaka serta tempat transaksi keris produksi empu di Sumenep.

Sumenep masuk ke 10 Spa Nasional yang ditetapkan pemerintah pusat, sehingga Kementerian Pariwisata memerintahkan agar Kabupaten Sumenep ini memiliki rumah Spa Keraton.

“Pemindahan kantor Disparbudpora sudah mendapatkan persetujuan dari Bupati. Sehingga sedikit demi sedikit kami pindahkan aset dinas ke tempat yang baru,” pungkasnya. Sumber: Media Center/Humas Sumenep. (q cox, Tama Dinie)

Reply