Mencari Smartphone untuk Streaming? Perhatikan Kriteria Ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sekarang ini hampir semua orang menonton secara streaming, bahkan beberapa televisi yang sering tayang melalui satelit mulai berekspansi ke digital dengan cara menyuguhkan acara secara streaming di internet melalui berbagai platform seperti Youtube maupun media sosial lainnya.

Agar mendapatkan pengalaman yang baik ketika menonton streaming di internet menggunakan ponsel, anda harus menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang cocok untuk streaming. Ponsel yang banyak direkomendasikan untuk streaming adalah vivo y20

Tapi jika anda ingin mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan, maka disarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Karena di artikel ini nantinya akan diberikan tips memilih ponsel untuk kebutuhan streaming.

Di dalam memilih ponsel pintar dengan spesifikasi namun dengan harga yang murah biasanya memang perlu trik dan perhatian secara khusus. Tapi, yang terpenting adalah jangan tergesa-gesa di dalam memilih ponsel, perhatikan hal-hal dibawah ini ketika akan membeli ponsel untuk kebutuhan streaming video.

Baterai yang Tahan Lama

Untuk kebutuhan apapun biasanya ponsel dengan baterai yang besar akan lebih dulu mendapatkan apresiasi. Maka dari itu, jika anda ingin menonton video secara streaming lebih lama, maka disarankan untuk mencari ponsel dengan daya tahan baterai minimal 5.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu tentu saja akan menjadi lebih layak digunakan untuk menonton film, bahkan bisa juga untuk bermain game, atau apapun itu yang berkaitan dengan aktivitas harian anda dengan durasi aktif yang lebih panjang.

Minimal dengan kapasitas 5.000 mAh akan bertahan sampai dengan 11 jam atau sampai 16 jam jika anda menggunakannya untuk streaming saja.

WiFi 5 Ghz

Anda yang memiliki hobi nonton film secara streaming, pasti akan merasa kesal ketika tiba – tiba koneksi tidak stabil dan lambat.  Biasanya, ponsel yang memiliki jaringan WiFi dengan frekuensi 2,4 Ghz koneksinya akan lebih tidak stabil dan melambat. Bagaimana cara mengatasinya ?

Gampang, sekarang sudah hadir teknologi terbaru yaitu WiFi generasi ke lima atau disebut dengan WiFi ac. WiFi ini bisa berjalan dengan frekuensi 5 Ghz dan menawarkan latensi yang lebih rendah.

Sehingga koneksi yang berjalan menjadi lebih stabil dan proses transfer data juga menjadi lebih cepat. Streaming yang anda lakukan pun tidak akan terganggu dengan istilah internet tidak stabil.

Bukankah ini hal menarik untuk ponsel nonton streaming ?

Media Penyimpanan & RAM yang Besar

Spesifikasi berikutnya dari sisi media penyimpanan dan juga RAM nya, minimal kedua ini cukup untuk standar zaman sekarang. Misalnya saja media penyimpanan ponsel Vivo Y20 yang dilengkapi dengan penyimpanan 64 GB dan kombinasi RAM 4 GB sehingga kinerja tidak lag.

Jadi jika anda ingin mencari ponsel untuk kebutuhan streaming, cari yang media penyimpanan dan RAM nya cukup besar. Sehingga anda bisa menampung banyak aplikasi streaming, bahkan anda juga bisa menyimpan banyak foto.

Jika kapasitas bawaan masih kurang, maka anda harus mencari ponsel yang dapat menambah kapasitas dengan menggunakan microSD. Sebagai contoh, vivo y20 ada slot untuk microSD sampai berkapasitas 256 GB.

Jadi, penyimpanan dan RAM adalah komponen penting untuk menunjang kelancaran anda ketika nonton video streaming.

Layar yang Besar & Nyaman di Mata

Sangat penting mempertimbangkan layar yang besar dan juga nyaman di mata. Karena pastinya kita akan menggunakannya seharian dan menonton streaming akan cukup memakan waktu, sehingga layar yang nyaman dimata ini sangat diperlukan.

Minimal ukuran layar untuk ponsel streaming anda berukuran 6.51 inchi, seperti yang dimiliki vivo y20. Ponsel ini memiliki rasio 20:9 dengan resolusi HD+. Layar juga lebih berwarna dan cocok untuk keperluan nonton video streaming.

Bagaimana minat dengan vivo y20 ? Anda bisa membelinya di blibli loh !

Kamera Mumpuni

Kenapa ada kamera, bukankah kebutuhannya adalah untuk menonton video streaming ? Memang kamera tidak ada hubungan secara langsung dengan kebutuhan menonton video streaming, poin-poin diatas sudah cukup untuk mencari ponsel yang akan anda gunakan streaming.

Tapi, kamera disini adalah bonus. Karena sekarang ini siapa yang tidak suka mengabadikan momen bersama keluarga, teman maupun kekasih? Tentu hampir tidak ada, hampir semua siapapun akan mengabadikan momen yang dinilai berkesan melalui ponsel mereka.

Sehingga tidak ada salahnya dong jika dalam list kriteria ponsel untuk nonton streaming di selipkan kamera. Karena ini pasti dibutuhkan juga suatu saat nanti. Biasanya spesifikasi ponsel seperti poin – poin diatas biasanya sudah dilengkapi teknologi canggih dalam hal kameranya.

Sebut saja vivo y20 yang memiliki semua hal yang sudah dibahas di artikel ini. Vivo y20 memiliki triple camera pada bagian belakang dengan resolusi 13 MP untuk wide, 2 MP untuk lensa makro dan 2 MP untuk sensor kedalaman.

Ketiganya ini didukung juga dengan adanya fitur LED Flash dan juga HDR, sehingga bisa menunjang dalam hal kualitas ketika memotret dan hasilnya tidak akan mengecewakan. Tidak ketinggalan juga pada bagian depan ponsel ini dilengkapi dengan resolusi 8 MP dan foto yang dihasilkan cukup jernih dan juga tajam.

Tapi, kembali ke selera anda, kamera ini hanya tambahan saja. Minimal beberapa poin diatas sudah dipenuhi untuk menghasilkan pengalaman menonton secara streaming menjadi lebih baik lagi.

Itu adalah beberapa yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli ponsel, jika anda tertarik dengan vivo y20. Anda bisa cek secara detail spesifikasinya secara menyeluruh melalui blibli. Disana lengkap dan anda bisa langsung membelinya. (q cox, BD)

 

 

Reply