Pastikan Penyaluran Bansos, Emil Dicurhati Ketua RW

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wagub Jatim Emil Dardak mendapat curhatan dari Ketua RW saat terjun ke masyarakat untuk mengecek penyaluran bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat terdampak covid-19.

Ketua RW 02 Kelurahan Airlangga Pamujo menjelaskan dirinya belum memahami jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah karena banyaknya jenis bantuan yang diberikan kepada masyarakat. “Kami sama sekali belum paham apa saja jenis bantuan dan datanya darimana, dan kapan harus menerima” katanya.

Salah satu ketua RT yang hadir juga mengatakan bahwa selama ini RT telah mengusulkan nama warga yang layak menerima bantuan dari pemerintah tetapi penerima bantuan justru tidak mengacu pada data usulan dari bawah.

“Selama ini di RT kami sudah mengusulkan nama nama warga yang layak untuk menerima bantuan, tapi kemarin malah ada kasus orang yang kaya tapi malah menerima bantuan, dan orang yang sudah meninggal 3 tahun lalu juga dapat bantuan,” katanya.

Menanggapi curhatan tersebut, Emil Dardak mengatakan jika Pemkot saat ini sudah melakukan revisi nama nama penerima bantuan. “Saya memahami curhatan bapak sekalian dan perlu diketahui bahwa saat ini Pemkot Surabaya sudah mengusulkan untuk melakukan penghapusan nama penerima bantuan agar direvisi dan diganti dengan yang lebih tepat” ungkapnya.

Emil menambhakna pihaknya harus pastikan bahwa data penerima harus mengacu pada data dari bawah, dan juga harus menghapus nama nama didalam sistem yang tidak sesuai, dan mudah mudahan bisa menjawab kekhawatiran panjenengan semua.

“Saya ingin mendengar langsung dari lini terdepan, bagaimana kondisi saat ini di masyarakat dalam kaitan bansos. Menuju tahap kedua pencairan, kita perlu mengetahui langsung apa saja masalah yang dihadapi oleh ujung tombak terdepan seperti RT dan RW,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Reply