BisnisJatim RayaPeristiwa

Penerbangan Haji Selesai, 16 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba Di Bandara Juanda

11
×

Penerbangan Haji Selesai, 16 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba Di Bandara Juanda

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Kelompok terbang (kloter) terakhir calon Jemaah haji 1443 H / 2022 Debarkasi Surabaya telah tiba Bandar Udara Internasional Juanda, Sabtu (13/08). Secara keseluruhan sebanyak 38 kloter telah kembali sejak tanggal 17 Juli 2022 menggunakan Saudi Arabian Airlines dengan tipe pesawat Boeing 747 – 400.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar bersyukur seluruh jemaah haji debarkasi Surabaya tahun ini telah tiba di tanah air dengan aman dan selamat.

“Alhamdulillah, kloter terakhir atau kloter 38 berangkat dari Medina pada hari Jumat (12/08/2022) pukul 17.14 waktu setempat menggunakan pesawat Saudi Arabia SV 5042 dan tiba di Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (13/08/2022) pukul 09.53 WIB dengan membawa 244 Jemaah haji yang berasal dari Probolinggo, Mojokerto dan Surabaya,” katanya  .

Sisyani menambahkan, selama periode debarkasi haji jumlah keseluruhan jemaah haji yang tiba di Bandar Udara Internasional adalah sebanyak 16.581 orang yang terbagi dalam 38 kloter penerbangan “Kami bersyukur sekali bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan sukses, aman dan lancar. Para jemaah haji dapat menunaikan ibadah dan kembali ke tanah air untuk berkumpul dengan keluarga,” tambahnya.

Menurut Sisyani kesuksesan penyelengaraan ibadah haji 1443 H/ 2022 tak lepas dari hasil sinergitas dan kerjasama yang baik antara para stakeholder terkait. “Setelah dua tahun penyelengaraan ibadah haji ditiadakan, tahun ini kembali diadakan dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan pada setiap rangkaian kegiatannya. Tak lupa kami juga ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Pemerintah Provinnsi Jawa Timur, Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Saudi Arabian Airlines, JAS, Pertamina dan Perum DAMRI serta instansi terkait lainnya, karena penyelangaraan ini telah berjalan sukses,” ucapnya.

Sementara itu, dengan telah selesainya penyelengaraan ibadah haji 1443 H/ 2022, saat ini Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu kembali untuk pelaksanaan ibadah umroh kepada seluruh umat muslim.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak maskapai terkait penerbangan umroh. Melihat antusias masyarakat pada penyelengaraan ibadah haji tahun ini, sangat besar kemungkinan bahwa minat masyarakat kita juga cukup tinggi pada ibadah umroh. Tentunya ini bisa menjadi peluang bersama dalam meningkatkan jumlah penerbangan,” ujar Sisyani

Sisyani menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya dan optimis bahwa jumlah penumpang akan terus meningkat hingga akhir tahun 2022. “Saat ini secara rata-rata per hari kami dapat melayani hingga 30 ribu penumpang per hari. Jika dapat dipertahankan hingga akhir tahun, kami yakin kinerja trafik tahun ini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” pungkas Sisyani. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *