Penyandang Disibilitas di Kediri Ciptakan Kapal Pinisi dari Bambu

KEDIRI (Suarapubliknews) – Sobirin (42) Warga Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri yang tercatat sebagai penyandang disibilitas, mampu menciptakan kerajinan dari bambu berupa miniatur kapal pinisi.

Menurut Sobirin, ide membuat kerajinan miniatur kapal pinisi berbahan bambu ini ditekuni sejak tahun 2018, dan hasil karyanya ini dibandrol dengan harga Rp 700 Ribu untuk ukuran besar.

“Untuk merampungkan membuat miniatur kapal pinisi ukuran besar, membutuhkan waktu sekitar 2 minggu dan kalau yang kecil hanya 2 hari ,” Ucap Sobirin kepada media ini. Senin (24/6/2019)

Sobirin menuturkan jika keahliannya membuat kerajinan ini diperoleh pada saat sekolah difabel tahun 2017 di Solo Jawa Tengah, yang kala itu bertemu seorang teman pengrajin asal Cirebon

“Prinsipnya, meskipun dengan keterbatasan kondisi fisik, karena jika berjalan harus menggunakan alat bantu, namun semangat pantang menyerah dalam berusaha harus dilakukan, karena ketekunan dan kesabaran adalah kunci dari sebuah keberhasilan,” Jelasnya

Sobirin menceritakan jika sebenarnya kondisi disibilitas yang disandangnya bukan sejak lahir, tetapi karena jatuh dari sebuah pohon bahkan sempat divonis lumpuh.

“Jika ada yang berminat untuk memesan kerajinan miniatur kapal pinisi karya saya, silahkan menghubungi nomer kontak 0821 3128 1361,” Pungkasnya (q cox, Iwan)

Reply