Pipa Gas Minarak Brantas Gas Inc Diduga Bocor, Warga Kalidawir Was-was

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Warga Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin dibuat heboh dan was was adanya gelembung air yang muncul dari dalam tanah lantaran diduga adanya kebocoran Pipa gas milik Minarak Brantas Gas Inc yang ada di Desa tersebut, tepatnya di Rt 07 RW 02 diduga bocor pada Jumat 10 Juli 2020.

Pipa eksplorasi yang diduga mengalami kebocoran itu berjarak sekitar 50 meter dari rig atau aktifitas pengeboran di sumur Minarak Brantas Gas Inc di desa tersebut.

Bocornya pipa itu juga tampak muncul dari kedalaman air saluran yang dibuat warga mengaliri sawah. Air sungai terlihat bergelembung seperti air mendidih.

Kebocoran pipa gas ini juga membuat warga sekitar merasa was-was dan khawatir. Karena saat terjadinya kebocoran pipa gas, terdengar suara seperti letupan.

“Pipa gas milik Minarak Brantas Gas Inc bocor,” kata Hakim warga setempat membenarkan.

Pipa yang bocor juga mengeluarkan gas dan mengalir ke sawah warga. Gas mentah yang tidak bisa menyatu dengan air itu tampak terlihat berwarna kecoklatan. “Gas sudah mencemari sawah warga,” tandasnya

Hakim menambahkan, setelah ada kejadian kebocoran pipa, petugas dari Minarak Brantas Gas Inc juga melakukan penanganan dengan melakukan shut-in atau mematikan sumur secara manual.

“Sudah ditangani untuk kebocoran. Namun gas yang mencemari sawah warga ada,” imbuh Hakim.

Sementara pihak Minarak Brantas Gas sampai berita ini ditulis, belum mengeluarkan statmen resmi soal kebocoran pipa tersebut. (q cox, Drie)

Reply