Jatim RayaPeristiwa

Resepsi 1 Abad NU Kraksaan Probolinggo, Wagub Emil: Resolusi Jihad dan Keimanan Jadi Pondasi Keutuhan NKRI

36
×

Resepsi 1 Abad NU Kraksaan Probolinggo, Wagub Emil: Resolusi Jihad dan Keimanan Jadi Pondasi Keutuhan NKRI

Sebarkan artikel ini

KAB. PROBOLINGGO (Suarapubliknews) ~ Momen Peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) masih dirasakan di berbagai wilayah di Jawa Timur. Salah satunya di Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Digelar di Gedung Islamic Center Kota Kraksaan, Kab. Probolinggo, Kamis (23/2), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengungkapkan kekaguman atas antusiasme masyarakat Probolinggo dalam menyelenggarakan Harlah 1 Abad NU. Menurutnya, semangat resolusi jihad yang ditunjukkan saat ini sama dengan saat masa perjuangan kemerdekaan di tahun 1945. 

Semangat perjuangan yang berbasis keimanan inilah yang disebutnya juga menjadi pondasi kuat dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga saat ini. “Resolusi jihad inilah yang mengantar kita untuk mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1945 lalu. Itulah yang hebat, bahwa NKRI berdiri atas para Kyai dan santri,” ungkapnya.

Wagub Emil melanjutkan, peran NU sejak masa penjajahan hingga sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, singkatan PBNU kerap kali dijabarkan sebagai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. 

Keutuhan Pancasila sebagai Dasar Negara, sepatutnya tidak boleh dipertanyakan atau terganggu oleh hakikat masyarakat sebagai umat beragama. Hal itu bahkan sudah tercermin pada Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. “Karena negara Indonesia justru bisa berdiri tegak atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengab umat beragamalah negara kita ini berdiri,” tegasnya. 

Bahkan, sila kedua hingga kelima pun telah dan masih berjalan dengan baik di tengah masyarakat hingga saat ini. Menurutnya, dengan berpedoman pada Pancasila tidak akan bisa mengurangi kadar beragama di dalam diri masyarakat Indonesia. 

“Banyak pihak yang ingin membenturkan kita sebagai umat beragama dengan eksistensi negara. Namun dengan keutuhan bangsa untuk melindungi segenap warga dan tumpah darahnya, kita tetap kokoh dan tidak bisa dibentur-benturkan. Semakin kita beragama, Indonesia semakin sejahtera dan makmur,” imbuhnya. 

Oleh karena itu, Wagub Emil juga berharap agar peran dan semangat para Kyai, Ulama, Nyai dan santri dari berbagai organisasi, utamanya NU, bisa terus meningkat di masyarakat luas. Tujuan besarnya adalah membangun kepentingan masa depan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. “Keberadaan dan keabsahan Pancasila tidak perlu lagi dipertanyakan, karena tidak ada yang bertentangan dengan hakikat kita sebagai umat beragama,” pungkasnya. 

Turut hadir dalam Resepsi 1 Abad NU, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Wakil Ketua PBNU Zulfa Mustofa, Rais Syuriah PCNU Kota Kraksaan KH. Abdul Wasik Hannan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan Achmad Muzammil, jajaran Forkopimda Kab. Probolinggo serta jajaran PCNU Kota Kraksaan, Kab. Probolinggo. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *