Respon Keluhan Pedagang, Jam Operasional Pasar Porong Tak Jadi Dibatasi

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Terjadi antrean mobil pengangkut barang di kawasan jalan masuk Pasar Porong, Kabupaten Sidoarjo. Kendaraan parkir yang mengular tersebut baru kali ini terjadi setelah pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Beberapa suplayer dari luar kota mengaku bisa merugi setelah adanya pemberlakuan pembatasan jam operasional pasar selama PSBB, lantaran terlalu lama menunggu waktu jam operasional buka. Tdak sedikit pedagang yang datang dari luar kota hanya untuk menjual hasil panennya di pasar porong.

Salah satu pedagang sayur asal Pasuruan bernama Erdi mengeluhkan jam oprasional yang membuatnya merugi hingga 50%, pasalnya sayur tidak bisa menunggu lama, terlebih jika cuaca panas.

“Sekali panen harus langsung dijual agar tidak layu, kalau harus nunggu gini sayurnya jadi layu,” keluhnya kepada wartawan, Kamis, (30/04/2020).

Demikian juga Purnomo, pedagang sayur asal Kabupaten Batu, Malang, ia juga mengaku sangat merugi atas peraturan jam buka kali ini. Bahwa selain bisa berakibat barang rusak, penjualan juga menurun drastis.
“Kalau jam operasional pasar dibatasi, otomatis para pedagang ini sangat rugi,” katanya kepada wartawan dilokasi.

Sementara, sebelumnya, Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Sidoarjo Nawari mengatakan, memang ada penerapan peraturan jadwal jam operasional seluruh pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo dalam masa PSBB, yakni mulai pukul 04.00 pagi sampai pukul 11.00 siang. Sedang sore harinya pukul 16.00 sampai pukul 19.00 petang hari.

“Saya akan segera mengambil langkah tindakan pembatasan jam operasional pasar untuk seluruh pasar dikabupaten sidoarjo. Namun kepada para pedagang akibat dampak covid-19 ini, restribusi harian sementara dihentikan sampai 2 minggu kedepan,” ungkap Nawari kepada Suarapubliknews, Rabu (29/04/2020).

Atas terjadinya persoalan ini, Plt Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin mengatakan akan mengkaji ulang penerapan jam operasional Pasar tersebut. Dalam komentarnya atas postingan video kondisi antrean kendaraan di Pasar Porong, Cak Nur Panggilan akrab Plt Bupati Sidoarjo akan mengembalikan jam buka pasar sperti semula.

“Pasar Porong jam bukanya akan saya minta kembali ke awal biar tidak crowdid,” Ucap Cak Nur di kolom komentar akun Instagramnya @sidoarjoberbemah, Kamis, (30/04/2020). (q cox, drie)

Reply