Politik

Selamat Idul Fitri, PDIP Surabaya: Halalbihalal Virtual Tak Surutkan Makna Persaudaraan

13
×

Selamat Idul Fitri, PDIP Surabaya: Halalbihalal Virtual Tak Surutkan Makna Persaudaraan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – PDI Perjuangan Kota Surabaya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 Hijriah, kepada seluruh umat muslim yang merayakan, khususnya di Kota Pahlawan, sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan silaturahim secara virtual, demi meminimalisasi kerumunan di masa pandemi Covid-19.

”Kami keluarga besar PDI Perjuangan Kota Surabaya mengucapkan: selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, yang jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. Selamat berbahagia merayakan hari kemenangan, setelah satu bulan berpuasa. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Rabu (12/5/2021).

“Kita merayakan Lebaran dengan tetap disiplin pada protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak satu sama lain, atau menghindari kerumunan. Kita perkuat silaturahmi, dengan halalbihalal secara virtual yang tidak akan menyurutkan makna persaudaraan di antara kita semua. Semoga kita selamat dari Covid-19, diberikan kesehatan dan keberkahan,” ujar Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Adi optimistis, dengan gotong royong semua pihak, Surabaya dan Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik. “Momentum Idul Fitri mengajak kita semua untuk berefleksi, kembali ke dalam kesucian hati, diiringi harapan agar ke depan kita bisa bersama-sama lebih konsisten dalam menjalankan kebaikan kepada sesama,” ujar Adi.

Adi mengatakan, Lebaran 2021 adalah Lebaran kedua yang harus dilewati dalam suasana pandemi Covid-19. Kedekatan personal dengan saling berjabat tangan atau berkunjung ke rumah tetangga serta sanak-saudara diharapkan tidak dilakukan. Semuanya demi keselamatan bersama agar Indonesia tidak mengalami lonjakan kasus Covid-19 sebagaimana terjadi di India, Malaysia, Brazil, dan Uni Eropa akibat mulai lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

”Di India dan banyak negara lain terjadi lonjakan kasus karena kerumunan, menjadi super spreader alias penyebar Covid-19 yang sangat hebat. Kita harus belajar. Sehingga kita dukung pemerintah untuk sementara meniadakan mudik, yang tentu kemudian silaturahim dan tradisi saling berkunjung bisa kita lakukan secara daring,” papar Adi.

Saat ini, tren kasus Covid-19 di Surabaya semakin menurun. Per 10 Mei, tinggal 108 kasus aktif. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah atau bed occupancy ratio (BOR) di Kota Pahlawan juga masih jauh di bawah ketentuan maksimal WHO, yaitu sebesar 60 persen. ”Mari tren yang baik ini kita jaga agar tidak ada lonjakan kasus,” ajak Adi.

Adi juga mengapresiasi Pemkot Surabaya yang meniadakan open house di kediaman wali kota yang biasanya digelar saat Lebaran.

”Saya lihat Pemkot Surabaya akan menggelar halalbihalal secara virtual, disiarkan di media sosial. Itu adalah sesuatu yang baik, dan menjadi contoh bahwa meskipun silaturahim virtual tetap tidak mengurangi maknanya,” jelas politisi mantan wartawan tersebut. (q cox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *