Sidoarjo Terima Bantuan Alat Swab Covid19 Dari BNPB Pusat

SIDOARJO (Suarapubliknews) –Pemkab Sidoarjo mendapatkan bantuan Alat Swab Covid-19 dari BNPB Pusat. Ditempatkan di GOR (Gedung Olah Raga) Sidoarjo, namun alat berkapasitas 200 sampel per hari itu saat ini alat Swab tersebut belum dapat dimanfaatkan. Kendalanya belum tersedianya reagen untuk pengoperasian alat Swab.

Diberikan langsung oleh Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid 19 Pusat Mayjend TNI (P) Eko Budi S serta Mayjend (R) Gatot Triswanto kepada ketua gugus tugas Covid19 Kabupaten Sidoarjo Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifudin SH, Sabtu (13/06/2020) siang.

L.O Gugus Tugas Covid 19 Pusat Mayjend TNI (P) Eko Budi S mengatakan, saat ini alat Swab tersebut belum dapat dimanfaatkan lantaran terkendala belum tersedianya reagen untuk pengoperasian alat Swab tersebut. Namun dalam waktu dekat bahan reagen akan segera didapat.

“Minggu-minggu inilah (mendapatkan reagen), sudah kita komunikasikan kok dengan Jakarta,”ucapnya.

Mayjend TNI (P) Eko Budi S mengatakan alat tersebut khusus untuk Kabupaten Sidoarjo. Akan ditempatkan sampai pandemi Covid-19 berakhir. Alat Swab tersebut mampu melayani kurang lebih 200 spesiment setiap harinya.

“Kapasitasnya kurang lebih 200 perhari, ada spesiment 200 masuk langsung digarap disini sehingga keluar positif negatif setiap harinya,”ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifudin juga selaku Plt Bupati Sidoarjo berterimakasih banyak kepada Jenderal Doni BNPB, pak jenderal Eko dan pak jenderal Gatot karena memperjuangkan untuk Sidoarjo ini, jadi permasalahan ini hasil Swab yang lama
pengambilan spesiment akan diprioritaskan kepada daerah zona merah. Selain itu juga dilakukan pada hasil reaktif saat rapid tes.

“Hingga saat ini Pemkab Sidoarjo sudah melalukan rapid tes pada 30 ribu lebih masyarakat. Sedangkan tes Swab sudah dilakukan kepada 1.800 orang. Dengan keberadaan alat Swab tersebut akan mempercepat Swab agar segera diketahui kasus Covid-19,” harapnya. (q cox, drie)

Reply