Sosialisasikan Program Gemarikan, Ferry Silviana Abu Bakar Kunjungi Posyandu

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk generasi sehat dan cerdas, Ferry Silviana Abu Bakar (istri Wali Kota Kediri) selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Kediri hadir langsung di Posyandu Kenanga RT 01 / RW 05 Kelurahan Bujel Kota Kediri. Kamis (19/7/2018).

Hadir pula dalam acara ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Semeru Singgih, Kepala Kelurahan Bujel Mujiyo, Ketua TP PKK Kecamatan Mojoroto dan Ketua TP PKK Kelurahan Bujel

Kegiatan ini merupakan upaya memasyarakatkan makan ikan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan mensosialisasikan pentingnya makan ikan bagi peningkatan gizi balita.

Tak kurang dari 1000 balita diberikan menu makan ikan secara bertahap sesuai dengan jadwal posyandu yang terbagi menjadi 3 wilayah yakni 350 balita di Kelurahan Bujel, 250 balita di Kelurahan Bangsal dan 400 balita di Kelurahan Kaliombo.

Bunda Fey-sapaan akrab Ferry Silviana, mengatakan bahwa kegiatan memasyarakatkan makan ikan ini untuk memebrikan kesadaran keapda masyarakat Kota Kediri akan pentingnya tingkat konsumsi ikan terutama untuk anak-anak baik yang masih dalam kandungan maupun balita.

“Sering mengkonsumsi ikan baik untuk perkembangan otak anak, sehingga bisa membuat anak cerdas,” Ujar Bunda Fey kepada sejumlah awak media.

Sebagai Ketua TP PKK Kota Kediri, Bunda Fey menjelaskan bahwa dalam setiap tahun tingkat konsumsi ikan di Kota Kediri ini terus meningkat.

Pada tahun 2012, lanjut Bunda Fey, konsumsi Ikan di Kota Kediri hanya sebesar 15 kg/tahun. Namun pada tahun ini 2018 tingkat konsumsi ikan Kota Kediri sebesar 24 kg/tahun, dan tidak jauh dengan tingkat konsumsi ikan di Provinsi Jawa Timur.

“Sudah bagus untuk tingkat konsumsi ikan di Kota Kediri. Ikan yang dikonsumsi semua boleh baik ikan air tawar ataupun ikan air laut, yang penting ikan yang mudah dijangkau di sekitar kita karena semua ikan bagus untuk kebutuhan nutrisi otak kita,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan imunisasi difteri ke-2 dan penyerahan simbolis kepada lima anak untuk menu makan ikan seperti samosa seafood, ekkado udang, donat isi abon ikan, tahu bakso ikan, nugget kepiting, nugget udang, lumpia udang dan pastel udang. (q cox, Iwan)

Reply