Jatim RayaPemerintahan

Super Hotel SMKN 1 Pagerwojo, Wagub Emil Diharapkan Jadi Support Pembangunan Lingkar Wilis

17
×

Super Hotel SMKN 1 Pagerwojo, Wagub Emil Diharapkan Jadi Support Pembangunan Lingkar Wilis

Sebarkan artikel ini
TULUNGAGUNG, (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menghadiri Harlah (Hari Lahir) ke-14 dan Launching Super Hotel SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung.
Wagub Emil seusai meninjau langsung bangunan Super Hotel di SMKN 1 Pagerwojo mengatakan Super Hotel SMK yang berlokasi di kaki Gunung Wilis dan rampung sejak Desember lalu ini juga diresmikan sebagai salah satu SMK yang mendapat gelar Center of Excellence (CoE) di sektor Hospitality (Perhotelan dan Pariwisata) dari APBN melalui Kementerian Pendidikan RI.
“Jadi hari ini SMKN 1 Pagerwojo meresmikan hotel ini sebagai salah satu Center of Excellence (COE) atau Pusat Keunggulan yang ada di Jawa Timur,” katanya
Dengan diresmikannya Super Hotel ini, dirinya menaruh harapan besar agar bisa memberikan support berbagai pembangunan di sekitar wilayah Lingkar Wilis. “Jadi kita berharap betul bahwa melalui peresmian hotel hari ini bisa selaras dengan strategi pengembangan wilayah di wilayah Lingkar Wilis,” tutur Emil Dardak.
Bukan tanpa alasan Wagub Emil menyebut Super Hotel ini sebagai salah satu aset luar biasa. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di dekat Lingkar Wilis, dimana menjadi salah satu prioritas dari Perpres no 80 tahun 2019.
Selain itu, pengembangan sekolah Vokasi atau SMK telah menjadi komitmen Pemprov Jatim guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDA) di Jawa Timur. “Ibu Gubernur berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan vokasi. Karena 70 persen dari lulusan SMK orientasinya adalah bekerja,” lanjutnya.
Wagub Emil juga berpesan, melalui sekolah vokasi diharapkan bisa menghasilkan generasi yang tak hanya siap kerja dan terampil. Tetapi juga mempunyai karakter etos kerja yang mumpuni.
“Jadi nanti dengan keadaan dunia yang terus berubah, mereka punya kemampuan untuk belajar dan beradaptasi keterampilan-keterampilan baru,” pungkas Wagub yang pernah menjabat Bupati Trenggalek ini.
Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara SMKN 1 Pagerwojo dengan lima hotel di Pasuruan dan Tulungagung. Kelima hotel tersebut adalah Hotel Horison Pasuruan, Crown Victory Hotel, Istana Hotel, Swaloh Hill Resort Tulungagung dan Front One Hotel Tulungagung.
Melalui MoU tersebut, diharapkan bisa dibangun kerjasama kelas Industri dengan 5 Hotel. Seperti penyelarasan kurikulum di Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), Praktek Kerja Lapangan, Guru Tamu (Hotel Mengajar di sekolah), Guru Magang + Sertifikasinya, serta rekrutmen karyawan. Dirinya berharap, SMKN 1 Pagerwojo bisa bersinergi dengan hotel yang ada di Kab. Tulungagung.
Turut menghadiri Harlah ke-14, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Kepala Sekolah SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung Trisno Wibowo, Kepala Sekolah SMK seluruh Kab. Tulungagung serta tenaga pengajar dan siswa di lingkungan SMKN 1 Pagerwojo. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *