Tumbuhkan Minat Literasi dalam Gerakan 1 Juta Anak Cerdas Membaca

KRIAN (Suarapubliknews.net) – Tak dipungkiri pengaruh gadget khususnya pada anak – anak saat ini mengurangi minat mereka pada membaca buku. Hal ini juga yang mendasari Gerakan Satu Juta Anak Cerdas Membaca (Gerakan 1 ACM).

Penggagas Gerakan 1 ACM, Ellen Graciana mengatakan Gerakan Satu Juta Anak Cerdas Membaca untuk menumbuhkan generasi emas di Indonesia. Pasalnya, anak-anak adalah para calon pemimpin bangsa.

“Diharapkan Gerakan 1 Juta Anak Cerdas Membaca dapat membawa Indonesia ke Generasi Emas. Mereka agar mampu memimpin Dunia di dekade mendatang,” katanya disela Festival 1 Juta Anak Cerdas Membaca yang diselenggarakan di SMPN 3 Krian.

Pada festival ini, anak-anak diajak untuk membuat cerita pendek yang menarik. Menurut Ellen, sebelum memulai menulis, mereka diberikan materi ringan tentang bagaimana cara membuat cerita pendek.

“Materi menulis meliputi bagaimana membuat cerita pendek dengan memperhatikan beberapa unsurnya. seperti tokoh, alur cerita, hingga pembuatan judul yang menarik. Mereka pun sangat antusian dalam menyimak materi hingga muncul beberapa ide cerita yang menarik,” jelas Ellen.

Acara ini diikuti puluhan siswa yang terdiri 50 anak kelas 7 dan 8 untuk kelas Menulis yang dibawakan oleh Kak Nabila Budayana dari Klub Literasi Anak. Lalu, 85 Anak untuk kelas Aktivasi Potensi Anak yang dibawakan oleh Bu Titis Imez dari Talenta Coaching.

“Untuk pemberian materi pun diberikan dengan metode interaksi aktif dengan diskusi dan diselingi games. Bagi mereka yang aktif dan berhasil menjawab pertanyaan dari kami juga mendapatkan hadiah buku dan alat tulis untuk semakin mengobarkan semangat literasi mereka” pungkasnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply