Usung Inovasi untuk Indonesia, Dies Natalis ke-62 ITS Resmi Dimulai

SURABAYA, (Suarapubliknews) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar upacara pembukaan Dies Natalis ke-62 secara luring. Bertempat di Taman Alumni ITS, gelaran pembukaan diawali dengan napak tilas ke tujuh fakultas yang ada di ITS oleh jajaran pimpinan ITS, Selasa (30/8).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng bersama jajaran pimpinan ITS lainnya mengunjungi beberapa departemen yang menjadi representatif dari setiap fakultas. Di sana, mahasiswa-mahasiswa setiap fakultas unjuk kreativitas bertemakan Nusantara. Selain itu, napak tilas ini juga berfungsi mengenalkan pembenahan-pembenahan yang sudah dilakukan ITS kepada seluruh pimpinannya.

Suguhan tata panggung dan dekorasi yang apik mengajak para audiens untuk mulai menjelajahi rangkaian acara dengan sambutan dari Ketua Panitia Dies Natalis ke-62 ITS Dr Wawan Aries Widodo ST MT. Rangkaian acara pembukaan turut menghadirkan berbagai tarian nusantara persembahan mahasiswa-mahasiswa ITS. “Tarian-tarian tersebut menunjukkan keberagaman dan persatuan yang ada di ITS,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ini mengungkapkan, tema _Innovation for Indonesia_ sebagai tonggak perayaan Dies Natalis ITS yang bermakna bahwa ITS berusaha menebarkan kebermanfaatan bagi Indonesia melalui inovasi-inovasi dari sivitas akademika. “Selama 62 tahun berdiri, ITS tidak henti-hentinya untuk memberikan sumbangsih inovasi-inovasi karya sivitas akademika guna membantu kemajuan Indonesia,” ungkapnya.

Sejalan dengan nilai tersebut, Ashari turut menyampaikan, semenjak menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), ITS secara mandiri meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitasnya. “Harapannya, pembenahan-pembenahan ini dapat memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik kepada para sivitas akademika ITS untuk dapat terus berinovasi,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, selama setahun ke belakang, tercatat ITS telah melakukan beberapa pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Tower 2, ITS Retail, Creative Co-Working Space, ITS Gate, serta Flat Dosen Muda. “Tidak hanya itu, ke depan, kami juga akan meningkatkan kualitas dan fasilitas laboratorium-laboratorium yang ada di ITS, sehingga mempermudah mahasiswa dalam proyek penelitiannya,” imbuh Ashari.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-62 kali ini akan diikuti dengan berbagai kegiatan menarik. Antara lain ITS Sportainment yang berupa lomba lari sejauh 62 kilometer dan bersepeda 620 kilometer secara virtual. ITS Entertainment juga turut memeriahkan gelaran Dies Natalis tahun ini yang berupa gelaran wayang kulit, wayang orang, serta lomba parikan. “Hal ini ditujukan untuk melestarikan kebudayaan khas Provinsi Jawa Timur,” papar Guru Besar Teknik Elektro ini.

Tidak hanya itu, sejalan dengan tema yang diusung tahun ini yaitu _Innovation for Indonesia_, masing-masing departemen di ITS juga akan memeriahkan gelaran Dies Natalis dengan publikasi inovasi-inovasi unggulan yang turut berguna bagi Indonesia melalui kanal YouTube ITS TV. “Terdapat pula kegiatan bertajuk _Alumni Menginspirasi_ yang akan menghadirkan kisah alumni inspiratif ke layar kaca sebagai bentuk perayaan dan motivasi bagi mahasiswa ITS,” tandas Ashari.

Terakhir, untuk acara puncak pada 10 November mendatang, melalui ITS Awards, ITS akan memberikan penghargaan kepada para tokoh nasional, dosen, mahasiswa, serta masyarakat umum yang telah memberikan kontribusinya untuk membantu perkembangan ITS menjadi kampus kelas dunia. (Q cox, tama dini)

Reply