Wabup Nur Ahmad Syaifuddin Dikabarkan Meninggal Karena Covid-19, Ini Jawaban Kadinkes Sidoarjo

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Kabar duka menimpa Pemda Sidoarjo, Wakil sekaligus Plt. Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Sabtu 22 Agustus 2020  dalam perawatan di RSUD Sidoarjo, sekitar pukul 15.00 WIB. Bahkan belakangan santer diberitakan jika akibat terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Syaf Setriawarma kepada wartawan membenarkan, bahwa Cak Nur Panggilan akrab Wakil Bupati Sidoarjo tersebut meninggal karena kena Corona (Covid19) setelah dilakukan tes swab secara mendadak dalam kurun waktu sekitar dua jam tes lab di rumah sakit.

“Iya kena covid, hasil nya keluar hari ini tadi karena di Rumah sakit kan dalam dua jam ada,” terang Syaf kepada wartawan melalui sambungan seluler, Sabtu (22/08/2020).

Dikatakan Syaf, dalam beberapa hari terakhir sebelumnya tidak ada gejala yang dialami oleh almarhum. Namun kecurigaan dr. Shaf Setiawan sebagai kepala Dinkes yang sering bertemu dalam urusan penanganan pandemi Covid19 di Satgas Covid19 Kabupaten Sidoarjo, sehingga lebih paham kondisi Cak Nur.

“hari ini tadi tiba-tiba sudah sesak, batuk dan demam sudah sekitar sepuluh hari sebelumnya. Kalau sakitnya selama ini tidak ada keluhan sakit. Sebenarnya sudah sepuluh hari yang lalu kita sudah curiga, untuk memeriksakan namun beliaunya tidak berkenan,” kata Syaf.

Almarhum Cak Nur, lanjut Syaf, secara mendadak pada Sabtu pagi ajudan Cak Nur memberi kabar memalui telepon seluler kalau Cak Nur sudah tidak mau makan dan kondisi melemah.

“Jadi baru tadi pagi setelah di telepon oleh ajudannya beliau kondisi sudah tidak mau makan dan kondisinya sudah semakin lemah, dan langsung dibawa kerumah sakit dan langsung dilakukan swab, ternyata memang positif,” Pungkasnya. (q cox, drie)

Reply