Wedang Uwuh Gratis dari Bakul Kopi Surabaya Kian Diminati Warga

SURABAYA (Suarapubliknews) – Animo warga Surabaya untuk bisa mendapatkan racikan ramuan rempah-rempah yang lazim disebut ‘wedang uwuh’ secara gratis dari Kusnan Hadi bakul kopi Baladewa yang berlokasi di Jalan Pahlawan Surabaya, kian hari terus bertambah.

Menurut Kusnan, dalam satu hari disiapkan 500 paket dengan rincian 200 dibawa pulang dan 300 siap minum di tempat. Menurut dia, tren kenaikan ini menunjukkan bahwa kepedulian warga Surabaya terhadap kesehatannya dengan cara meningkatkan imunisasi terhadap berbagai serangan penyakit mulai meningkat.

“Saya tidak mengatakan jika wedang uwuh kami ini bisa menangkal covid 19, namun banyak pakar yang mengatakan bahwa ketahanan tubuh menjadi faktor utama, dan minuman ini banyak mengandung zat yang menyehatkan, itu saja. Makanya saya hanya berbuat apa yang saya bisa, tanpa pamrih apapun,” ucap Kusnan kepada media ini. Sabtu (21/03/2020)

Kusnan mengatakan, jika sampai hari ini tak sedikit warga yang mampir di warung kopinya, baik secara pribadi maupun berkelompok, terutama masyarakat yang berprofesi sebagai pengemudi (konvensional maupun online).

“Sepanjang saya masih mampu menyediakan, tentu akan saya terus menyiapkan dan memberikan secara gratis dengan senang hati. Tentu sesuai kemampuan saya, berapapun jumlahnya,” tandasnya.

Bakul kopi yang sempat viral karena gugatannya soal pembatalan kenaikan iuran BPJS kesehatan dikabulkan oleh Mahkamah Agung ini berharap, kegiatan sosialnya ini bisa diikuti oleh warga lain, terutama yang mampu secara ekonomi.

“Saya yang hanya bakul kopi saja bisa kok, tentu yang lain juga sangat bisa. Warga Surabaya yang mampu kan banyak. Lha wong ini juga untuk kebaikan dan kesehatan kita bersama. Kalau semua sehat, tentu saya dan keluarga juga merasa aman, nyaman dan tenram sekaligus tenang dalam menghadapi ancaman covid 19,” pungkasnya. (q cox)

Reply