Jatim Raya

Yadnya Kasada Suku Tengger Lereng Gunung Bromo Tetap Jadi Pesona Wisatawan (Video)

17
×

Yadnya Kasada Suku Tengger Lereng Gunung Bromo Tetap Jadi Pesona Wisatawan (Video)

Sebarkan artikel ini

PROBOLINGGO (Suarapubliknews.net) – Prosesi ritual tahunan Yadnya Kasada yang diadakan Suku Tengger kembali digelar dan selalu menjadi daya tarik wisata di Bromo tiap tahunnya.

Rangkaian acara yang berlangsung 29-30 Juni itu dibuka dengan pergelaran Eksotika Bromo 2018 yang menampilkan keelokan alam berpadu dengan keindahan seni budaya.

Dalam ritual yang diikuti oleh warga di empat kabupaten ini, warga melarung aneka hasil bumi dan sesaji ke dalam kawah Gunung Bromo. Tujuannya agar terhindar dari musibah dan diberikan kemakmuran oleh leluhur.

Puncaknya, puluhan orang berebut sesaji yang dilarung ke kawah Bromo setelah para dukun, tokoh masyarakat, dan warga Suku Tengger memanjatkan doa meminta keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.

Sesaji yang dilarung ini merupakan hasil kekayaan Suku Tengger setiap tahunnya. Sedikit rezeki yang mereka dapatkan, dikeluarkan sebagian untuk acara Yadnya Kasada ini.

Hal itu merupakan bentuk syukur Suku Tengger atas nikmat dan rezeki yang sudah didapat. Sesaji ini berupa hasil bumi, mulai dari hasil pertanian , perkebunan, ternak hewan dan masih banyak lagi. (q cox, Ita)

Berikut rekaman videonya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *