Yuk Kupang, Tampil Di Anjungan Terimal 1 Bandara Juanda

SIDOARJO (Suarapublinews.net) – Ada pemandangan berbeda di Anjungan Terminal 1 Bandara Juanda Sabtu pagi, sebanyak 250 penari tampil sendratari Yuk Kupang untuk mempromosikan potensi wisata Sidoarjo.

Communication & Legal Section Head, Yuristo Ardhi mengatakan Bandara Juanda Surabaya sebagai mitra pemerintah daerah, memberikan ruang dan dukungan bagi upaya pelestarian budaya daerah dan promosi wisata.

“Tidak hanya menyuguhkan hiburan bagi pengguna jasa, kegiatan seperti ini juga dilaksanakan dengan tujuan menumbuhkan kecintaan pada budaya daerah terutama bagi generasi-generasi muda penerus bangsa,” katanya.

Sendratari yang ditampilkan komunitas Visit Sidoarjo ini juga sebagai persiapan pemecahan rekor MURI 7.000 penari Yuk Kupang, Oktober mendatang. “Ada 250 penari dari sanggar tari dan sekolah tari se-Kabupaten Sidoarjo berpartisipasi pada kegiatan hari ini,” lanjut Yuristo.

Sementara itu Ketua Visit Sidoarjo, Chandra Nonta mengatakan sendratari Yuk Kupang menceritakan tetang aktivitas masyarakat Sidoarjo mulai dari saat berangkat mencari Kupang, pulang, mencuci dan memasaknya, kemudian menjualnya.

“Kupang sendiri adalah hewan laut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangat kecil dan memiliki warna tubuh berwarna coklat pucat. Dan kami ingin mengenalkan kuliner khas Sidoarjo ini dalam bentuk tarian,” jelasnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply