Hukrim

Bacakan Eksepsi, Dua Petinggi Sipoa Grup Masih Diteriaki Maling

13
×

Bacakan Eksepsi, Dua Petinggi Sipoa Grup Masih Diteriaki Maling

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Klemens Sukarno Candra dan Budi Santoso, terdakwa dugaan kasus penipuan dan penggelapan jual beli apartemen Royal Avatar World (Sipoa Grup) senilai Rp 12 miliar kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (31/7/2018). Sidang kali ini mengagendakan pembacaan eksepsi (keberatan) yang diajukan kedua petinggi Sipoa Grup ini.

Sama seperti sidang sebelumnya, puluhan korban kasus ini turut mengawal sidang kedua petinggi Sipoa Grup, yakni Klemens Sukarno Candra dan Budi Santoso. Dengan pengawalan anggota Polisi bersenjata, kedua terdakwa keluar dari Ruang Tahanan PN Surabaya dengan diiringi teriakan “Maling-maling kembalikan uangku” dari para korban.

Diketuai Majelis Hakin I Wayan Sosiawan, sidang dimulai dengan pembacaan eksepsi yang dibacakan oleh penasehat hukum kedua terdakwa, Desima Waruwu. Dalam eksepsinya tim penasehat hukum terdakwa mengatakan, sesuai dakwaan terkait locus delictinya (tempat terjadinya perkara), perkara ini jelas masuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo. Pihaknya menilai dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak cermat.

“Sesuai dakwaan, locus delictinya perkara ini jelas masuk dalam wilayah PN Sidoarjo. Kami mohon Majelis Hakim menolak dakwaan JPU dan tidak dapat diterima,” kata penasehat hukum terdakwa, Selasa (31/7/2018).

Setelah mendengar eksepsi dari terdakwa, Ketua Majelis Hukum I Wayan Sosiawan menanyakan Jaksa terkait tanggapan atas eksespi dari terdakwa. Jaksa Rachmad Hary Basuki menyanggupi tanggapannya akan disampaikan pada persidangan pekan ini, atau pada Kamis (2/8).

“Siap Majelis, Kamis (2/8) ini kami siap dengan jawaban atas eksepsi yang diajukan terdakwa,” tegas Jaksa Rachmad Hary Basuki dihadapan Ketua Majelis Hakim yang sekaligus menutup jalannya persidangan kali ini.

Menanggapi eksepsi dari terdakwa, Ketua Paguyuban Pembeli Proyek Sipoa (P2S), Antonius Joko Mulyono menegaskan bahwa eksepsi terdakwa yang menyoal terkait locus delicty dinilai sangat tidak beralasan. Menurutnya, pembayaran yang dilakukan korban PT Sipoa Grup ini dilakukan di Surabaya yang notabene kota dimana perkara ini ditangani.

“Kendati proyek Sipoa berada di Sidoarjo, namun semua administrasi dan pembayaran dilakukan di Surabaya. Pembayaran ditangani oleh PT Sipoa Investama Propertindo yang komisarisnya dijabat Budi Santoso,” tegasnya saat dikonfirmasi usai sidang.

Antonius menambahkan, proses yang dilaksanakan di Sidoarjo antara pihak terdakwa dengan para korban hanya terkait pengambilan surat bukti pembayaran saja. Sedangkan selebihnya, yakni proses perjanjian dilakukan di Surabaya. Atas eksepsi yang diajukan terdakwa, pihaknya beserta puluhan korban PT Sipoa berharap Majelis Hakim dapat menolak eksepsi yang diajukan oleh terdakwa.

“Kita memohon Majelis Hakim menolak eksepsi yang diajukan kedua terdakwa serta melanjutkan sidang ke tahap pembuktian,” harapnya.

Sebelumnya, dalam dakwaan JPU dijelaskan bahwa akibat tidak dibangunnya Apartemen Royal Afatar World tersebut, 71 orang yang memesan Apartemen Royal Afatar World termasuk Syane Angely Tjiongan dan Dra. Lind Gunawati GO melaporkan terdakwa ke SPKT Polda Jatim. Setelah dilaporkan ke polisi, korban sebanyak 71 orang yang memesan Apartemen Royal Afatar World mengalami kerugian total Rp. 12.388.751.690.

Atas perbuatannya, kedua terdakwa didakwa dalam dakwaan primernya Pasal 372 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan dakwaan sekundernya Pasal 378 KUHP juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. (q cox)

foto: Klemens Sukarno Candra dan Budi Santoso, terdakwa dugaan kasus penipuan dan penggelapan jual beli apartemen Royal Avatar World (Sipoa Grup) senilai Rp 12 miliar saat jalani sidang di PN Surabaya, Selasa (31/7/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *