Di Kunjungan Ketiga Jelang Piala Dunia, FIFA Apresiasi Fasilitas Stadion GBT Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan FIFA, jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dan PSSI di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (12/1/2023). Dalam kesempatan itu, jajaran Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup pemkot turut mendampingi kehadiran para tamu tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, hari ini ada 11 orang yang berkunjung ke Stadion GBT. Dari 11 orang itu diantaranya ada Lead Project Christian Schmolzer, Venue Manager, Sunny, Safety & Security Manager, Anke Becker, Technical Services Manager, Ross Maclean dari FIFA, dan Kementerian PUPR RI serta PSSI.

“Kunjungan kali ini yang ketiga, yang diikuti Kementerian PUPR, PLN, FIFA dan PSSI. Dalam kesempatan itu, ada beberapa poin yang didiskusikan bersama. Contoh bagaimana kesiapan media centernya, broadcastnya, manajemen sekuriti dan teknikal servisnya,” kata Wiwiek.

Beberapa poin tersebut antara lain adalah, terkait pasokan listrik dan beberapa item yang menjadi perhatian Kementerian PUPR untuk dibenahi. Secara keseluruhan, Wiwiek menyampaikan, kunjungan FIFA yang ketiga kali ini, sangat puas dengan progres pengerjaan fasilitas Stadion GBT serta lapangan penunjang lainnya.

“Setelah kunjungan FIFA pada Juli 2022 lalu, pemkot bersama jajaran stakeholder lainnya masih menjaga komitmen standar lapangan kelas dunia. Pada kunjungannya kali ini, FIFA pun mengapresiasi kinerja kami hingga proses saat ini,” jelas Wiwiek.

Wiwiek melanjutkan, dalam kunjungannya ke Kota Pahlawan, FIFA bersama sepakat bersama pemkot untuk membuat akses khusus penonton disabilitas di bagian area khusus dari Gate 1 Stadion GBT. “Jadi nanti kita bikinkan jalur khusus dari gate 1, nanti ada akses menuju ke bagian tribunnya,” lanjutnya.

Bukan hanya berkunjung ke Stadion GBT, rombongan juga melakukan survey di Lapangan Thor dan Gelora 10 November. Sejauh ini, FIFA puas dengan fasilitas lapangan latihan tersebut. “Mulai lapangan latihan A dan C di GBT hingga Gelora 10 November, FIFA sudah sangat puas dengan progresnya,” paparnya.

Sedangkan untuk akses jalan menuju ke Stadion GBT, FIFA menilai sudah sangat baik dan mudah dijangkau. “Keseluruhan mereka mengapresiasi upaya kami (pemkot) dalam melakukan perbaikan fasilitas. Selanjutnya, kami serahkan kepada Kementerian PUPR sesuai dengan timeline yang akan dikerjakan, sedangkan pemkot hanya melakukan pendampingan,” pungkasnya. (q cok)

Reply