Politik

DPRD Surabaya Dorong Pemkot Realisasikan Anggaran Bantuan Hukum Perempuan dan Anak Rp 5 Juta per Kasus

12
×

DPRD Surabaya Dorong Pemkot Realisasikan Anggaran Bantuan Hukum Perempuan dan Anak Rp 5 Juta per Kasus

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Komisi D DPRD Surabaya menagih janji pemkot Surabaya terkait bantuan hukum untuk perempuan dan anak, karena ternyata belum masuk APBD 2022. Padahal program itu sudah terbentuk sejak dua tahun lalu.

“Peraturan Walikotanya belum terbit. Jadi tidak bisa dianggarkan,” ujar Anggota Komisi D DPRD Surabaya Herlina Harsono Njoto, kemarin Kamis (3/11/2021).

Menurut politisi perempuan Partai Demokrat ini, Perda Nomor 3 Tahun 2019 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin tidak bisa diimplementasikan tanpa perwali itu.

Ada banyak aturan yang harus diatur oleh Walikota. Herlina berharap Bagian Hukum Pemkot Surabaya segera menuntaskan pembuatan draft perwali itu.

“Biasanya, warga tak mampu bisa mendapat bantuan anggaran dari APBD Pemprov Jatim. Satu perkara bisa dapat bantuan hingga Rp 5 juta per kasus,” tuturnya.

Dia mengatakan, jika anggaran itu diserahkan ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang sudah bekerjasama dengan pemda. Herlina melihat Surabaya perlu menganggarkan bantuan serupa karena ada banyak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tak punya uang untuk berperkara.

Idealnya angka yang dianggarkan Surabaya tidak lebih dari Jatim. “Sebenarnya bisa Rp 7 juta. Tapi, enggak masalah misalkan cuma dianggarkan Rp 5 juta dulu. Yang penting ada bantuan itu,” lanjut ibu tiga anak itu.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surabaya Itu teringat kasus- kasus KDRT yang pernah terekspose, atau kasus ART yang mengalami kekerasan Mei lalu. Jika ada kasus serupa, orang-orang yang bernasib sama bisa mendapat pertolongan dari pemkot.

“Atau istri korban KDRT yang tidak bekerja. Mereka juga dapat perlindungan, ini juga menunjukkan komitmen Pemkot terkait masalah perlindungan perempuan dan anak lanjutnya.

Dia berharap anggaran bisa tetap dimasukkan ke APBD 2022. Jika terpaksa tidak bisa dianggarkan, maka ia akan menagihnya kembali pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun depan. “Akan kami kawal terus agar ketika PAK bisa dianggarkan,” jelasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *