Dua Bintang Timur Bertemu, Surabaya Bangkit Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian

SURABAYA (Suarapubliknews) – Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang sangat popular. Nama umum tumbuhan yang termasuk keluarga Orchidaceae, salah satu keluarga tumbuhan terbesar di dunia. Anggota keluarga anggrek tersebar di berbagai belahan dunia, kecuali di Antartika dan daerah gurun di Eurasia.

Sekjen DPC Perhimpunan Angrek Indonesia Surabaya Raya, Antok Purwanto menjelaskan sejauh ini telah teridentifikasi sekitar 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia. Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan tumbuhan anggrek, sekurangnya memiliki 5.000 spesies.

“Dari jumlah itu, 986 spesies tersebar di hutan-hutan di Pulau Jawa, 971 spesies berada di Pulau Sumatra, 113 spesies tumbuh di Kepulauan Maluku, dan sisanya bisa ditemukan di Sulawesi, Irian Jaya, Nusa Tenggara, dan Kalimantan,” katanya.

PAI Surabaya Raya sendiri beberapa waktu lalu meregistrasi secara resmi anggrek dengan nama ‘Dendrobium Surabaya Bangkit’yang merupakan penyatuan dua mutiara Timur Indonesia yaitu ‘Dandrobium Laxiflorum’ (Maluku) dan ‘Dendrobium Helix’ (Papua) dari perkebunan Taman Arjono Malang.

Kedua Dua anggrek yang berasal dari timur Indonesia tepatnya Maluku dan Papua ini memiliki karakter unik. Dendrobium helix dengan warna bunga cerah glowosi, ciri khasnya bisa dilihat dari kelopaknya yang melintir dengan ujung lebar. Dendrobium laxiflorum memiliki kelopak yang tidak terlalu melintir dan lebih kurus.

“Dendrobium Surabaya Bangkit memiliki gen yang kuat dari kedua indukan tersebut, dengan kelopak lebih lebar melintir dan tinggi. Dan tanaman ini mudah dikembangkan di Kota Surabaya yang cenderung panas,” terangnya.

Penamaan Surabaya Bangkit sendiri bukan tanpa alasan selain sebagai momen bangkitnya kembali PAI Surabaya yang sempat vakum selama hampir 16 tahun juga sebagai momen bangkitnya perekonomian pasca pandemic Covid 19. “Juga sebagai bentuk usaha menggerakkan perekonomian kebun plasma dan masyarakat sekitar dengan nama yang menjual,” tutup Antok.

PAI Surabaya kembali menggelar Surabaya Orchid Party Vol 2 di Pakuwon Trade Center dengan tema Dua Bintang Timur Bertemu Surabaya Bangkit hingga 21 Agustus mendatang. Tak hanya exhibition dan bazar, di acara ini juga digelar talkshow dan lelang anggrek. (Q cox, tama dini)

Reply