Jatim RayaPemerintahanPeristiwa

Gubernur Khofifah Resmikan PLTS Atap 9,8 MWp di Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

53
×

Gubernur Khofifah Resmikan PLTS Atap 9,8 MWp di Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

Sebarkan artikel ini

KAB. SIDOARJO (Suarapubliknews) ~ Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 9,8 Mega Watt peak (MWp) di kawasan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Kab. Sidoarjo, Senin (2/10).

Peresmian tersebut ditandai dengan Penandatanganan Prasasti dan Penekanan Layar LED oleh Gubernur Khofifah didampingi Dirut PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk beserta jajarannya, perwakilan PLN Jawa Timur serta jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim terkait.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengapresiasi penuh pembangunan PLTS Atap di kawasan pabrik kertas PT. Tjiwi Kimia. Menurutnya, ini merupakan suatu bentuk kontribusi nyata sektor industri Jatim dalam mewujudkan Net Zero Emission 2060. Terlebih PLTS yang diresmikan hari ini merupakan PLTS Atap terbesar berbasis korporasi di Indonesia.

“Peresmian PLTS atap 9,8 MWp di Tjiwi Kimia ini, merupakan yang terbesar di Indonesia untuk sebuah korporasi. Sesuai dengan yang disampaikan Pak Presiden Direktur Tjiwi Kimia mudah-mudahan ini akan terus bisa dikembangkan,” ucapnya.

Gubernur Khofifah melanjutkan, seminar dan diskusi terkait Narasi Net Zero Emission 2060 telah sering dilakukan. Namun diperlukan aksi nyata sebagai bentuk implementasi di lapangan. Pergerakan dari sumber energi fosil ke non fosil menjadi Energi Terbarukan harus terus dimasifkan di berbagai sektor. “Ini harus dilakukan lebih sistemik dan komprehensif jadi Renewable Energy ini menjadi bagian yang sangat penting untuk bisa bersama-sama menuju Net zero emission 2060 ,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, peresmian PLTS Atap Tjiwi Kimia ini berhasil menambah daftar PLTS yang telah dibangun di Jawa Timur. Tercatat, total PLTS terpasang sebesar 58,41 MW pada Tahun 2023, dengan rincian PLTS Atap (Rooftop) 52,62 MW yang telah terpasang pada Gedung-gedung Pemerintah, Swasta, Sekolah dan Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Selain itu di tahun 2023 ini juga telah terpasang PLTS yang tersebar dan komunal untuk memberikan akses energi masyarakat daerah terpencil dan kepulauan yang belum menikmati listrik sebesar 5,79 MW. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan Rasio Elektrifikasi Jawa Timur per Juli 2023 sebesar 99,62 % , lebih tinggi dari rasio elektrifikasi nasional sebesar 97,68 %.

Gubernur Khofifah berharap pemanfaatan PLTS Atap di PT. Tjiwi Kimia ini bisa menjadi referensi bagi perusahaan lainnya. Utamanya dalam meningkatan pemanfaatan EBT dan ikut berkontribusi mendukung program Net Zero Emission. “Harapannya bisa menjadi referensi bagi perusahaan lainnya bahwa kita sudah harus menuju Green Industry , bahkan juga Blue Industry,” lanjutnya.

Pemprov Jatim sendiri juga terus melakukan upaya pemanfaatan EBT. Hal ini sejalan dengan target Bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Jawa Timur hingga tahun 2025 sebesar 17,09 %, dan sebesar 19,56% pada Tahun 2050. Target itu juga telah tercantum dalam Perda Prov. Jatim No.6 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019-2050.

Selain Perda tersebut, Jatim juga tercatat telah menerbitkan Pergub Jawa Timur No. 6 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur (RUED-P) Tahun 2019-2050 dan SE Gubernur Jawa Timur No. 671/630/124.5/2022 tentang Implementasi Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada Gedung Pemerintah dan Swasta.

Ketiga kebijakan tersebut adalah bukti konkret bahwa Jawa Timur telah berkomitmen aktif untuk mengakselerasikan transisi energi dalam mewujudkan pengelolaan energi yang berkeadilan, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Di akhir, Gubernur Khofifah juga menyampaikan selamat atas HUT Ke-51 PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Ia berterima kasih dan mengapresiasi penuh atas dedikasi panjang dalam meningkatkan perekonomian Jawa Timur.

Bahkan, ia secara khusus mengapresiasi kebahagiaan para karyawan menyambut HUT ke-51 PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Menurutnya, semangat tersebut menunjukkan optimisme untuk bekerja keras mewujudkan visi misi perusahaan.

“Selamat atas HUT ke-51 PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Terima kasih atas dedikasi dan investasi yang dipercayakan ke Jawa Timur. Semoga akan ada investasi-investasi berikutnya untuk penguatan ekonomi Jatim di masa depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirut PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata menyampaikan bahwa PLTS Atap yang merupakan kerjasama Tjiwi Kimia dengan Sun Energy ini adalah tahap awal. Kedepannya akan dilakukan pengembangan proyek dengan melihat tingkat keberhasilannya.

Melalui PLTS Atap 9,8 MWp ini, Suhendra menyatakan bahwa akan berdampak pada pengurangan penggunaan batu bara, mengurangi emisi Karbon dan mendukung program Pemprov Jatim menuju Net Zero Emission 2060. “Jadi kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di Tjiwi Kimia, tetapi juga di seluruh fasilitas produksi Sinarmas Group yang lain,” jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Deputy CEO Of APP Sinas Mas, Managing Director Sinar Mas, jajaran Direksi PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Kepala Dinas ESDM Jatim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Kepala Biro Perekonomian Jatim serta puluhan perwakilan karyawan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *