Hadapi Musim Hujan, Legislator PSI Apresiasi Kesiapan Rumah Pompa di Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – William Wirakusuma Ketua Fraksi PSI yang juga Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya mengunjungi beberapa rumah pompa di rayon Jambangan, terkait info dari BMKG soal curah hujan pada tahun 2020 akan meningkat di bulan Januari.

“Terkait prediksi BMKG, maka rumah pompa di Kota Surabaya harus dalam keadaan baik dan siap beroperasional,” ujar William Wirakusuma. Sabtu (4/1/2019)

Menurut Wiliam, fungsi rumah pompa sangatlah penting untuk mengantisipasi banjir, maka dirinya merasa perlu untuk berkunjung ke beberapa rumah pompa di rayon Jambangan yaitu: rumah pompa Kutisari, Jemur Andayani, Prapen dan Bratang.

“Di Kutisari dan Jemur Andayani masih menggunakan diesel dan saya minta dicoba dinyalakan, dan memang pompa dapat beroperasi dengan baik, begitu juga di rumah pompa Prapen dan Bratang yg tersambung ke PLN juga disediakan genset sebagai cadangan suplai power,” katanya.

Sementara untuk di Bratang, kata William, ada 6 pompa dengan kapasitas optimal 7.200 m3/jam yang dioperasionalkan dengan menggunakan Aqua Drive sehingga tekanan dan debit air bisa diatur melalui pengaturan RPM pompa tersebut.

“Kondisi Boezom juga bersih,” kata William yang sebelum menjadi anggota dewan adalah peneliti dan perancang pompa di Jerman .

Dengan demikian, William bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa Kota Surabaya telah mempersiapkan segalanya dalam menghadapi musim hujan tahun ini.

William mengatakan bahwa rumah pompa sudah siap dan dalam keadaan standby, maka sudah semestinya Surabaya tidak akan dilanda banjir seperti Jakarta.

“Mungkin akan ada genangan tapi akan cepat surut, jika ada daerah yang banjir maka perlu dicatat dan diliat intergrasi saluran utama dan saluran tersiernya. Kami mengapresiasi persiapan pemerintah Kota Surabaya menghadapi musim hujan tahun ini,” pungkasnya. (q cox)

Reply