Industri Otomotif Membaik, Penjualan Mobil Baru Tumbuh 47,4%

SURABAYA (Suarapubliknews) – Astra Financial & Logistic mendukung penuh pemulihan industri sektor otomotif yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Namun, seiring dengan terjadinya penurunan tren kasus infeksi Covid-19, sektor otomotif mengalami perbaikan positif.

Project Director Astra Financial GIIAS 2021 Gunawan Salim mengatakan data dari Gaikindo menunjukkan angka penjualan mobil baru periode Januari hingga September 2021 mencapai angka 600.344 unit pada penjualan wholesale. “Angka ini tumbuh sebesar 47,4% jika dibandingkan periode sama pada tahun 2020 yang hanya mencapai 407.390 unit,” katanya.

Tidak hanya kendaraan roda empat, angin segar ini juga turut dirasakan pada sektor kendaraan roda dua, terjadi pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua secara nasional sebesar 31% menjadi 3,8 juta unit pada sembilan bulan pertama tahun 2021.

Pemulihan industri otomotif ini memberikan dampak positif dan angin segar yang turut dirasakan oleh AFL khususnya untuk wilayah Jawa Timur. Sepanjang Januari-Oktober 2021, AFL membukukan peningkatan amount finance yang positif, di mana pembiayaan kendaraan roda empat oleh ACC dan TAF meningkat sebesar 17%, yaitu senilai Rp 3,54 triliun dibanding periode yang sama pada tahun 2020, yaitu sebesar Rp 3,015 triliun.

Untuk sektor pembiayaan kendaraan roda dua oleh FIFGROUP. Terjadi peningkatan selama periode Januari-Oktober 2021 sebesar 2,95%, yaitu senilai Rp 3,83 triliun dibanding periode yang sama pada tahun 2020, yang hanya mencatatkan Rp 3,72 triliun.

Secara total jumlah pembiayaan yang diberikan oleh AFL sepanjang Januari-Oktober 2021 meningkat sebesar 8,95%, yaitu sebesar Rp 7,3 triliun yang juga meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 6,7 triliun.

Dalam gelaran GIIAS 2021, AFL memberikan berbagai promo dan diskon yang menarik selama GIIAS Surabaya 2021 untuk meningkatkan daya tarik pengunjung di Surabaya dalam mewujudkan impiannya memiliki kendaraan baru.

“Beragam promo dan hadiah spesial hadir untuk seluruh Arek-arek Suroboyo. Hal tersebut sejalan dengan visi AFL untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gunawan Salim.

Hal ini tercermin dari antusiasme masyarakat Surabaya yang hadir dan mencoba beragam permainan hingga melakukan transaksi di booth AFL. Surabaya menjadi market otomotif terbesar setelah Jakarta dan Jawa Barat.

“Penyelenggaraan GIIAS di Surabaya ini kami harapkan dapat mendukung pemulihan sektor otomotif di Indonesia dan kami berkomitmen sebagai sponsor utama GIIAS untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dalam menjadi partner finansial bagi masyarakat,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Reply