Mulai Besok, Pemkot Surabaya Gelar Car Free Day di 7 Lokasi Selama Tahun 2023

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengaktifkan Kembali Car Free Day (CFD) di sejumlah lokasi di Kota Pahlawan. Bahkan, selama tahun 2023 ini, pemkot bersiap menggelar CFD di 7 lokasi yang telah ditetapkan, yaitu di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, Jalan Kupang Indah, Jalan Kertajaya, dan Jalan Ir. Soekarno atau Jalan Merr.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan minggu lalu CFD di semua titik atau di semua lokasi ditiadakan karena memang tanggal merah. Nah, Minggu (8/1/2023) besok, CFD di sejumlah lokasi akan aktif Kembali.

“Kita sudah bikin jadwal selama setahun, dan mulai besok sudah mulai digelar kembali di sejumlah lokasi,” kata Hebi, Sabtu (7/1/2023).

Menurutnya, Minggu besok ini, CFD akan digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Kembang Jepun, dan Jalan Kupang Indah. Kemudian minggu depannya tanggal 15 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Kertajaya. Lalu pada tanggal 29 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan.

“Jadi, lokasi utama CFD Surabaya memang di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya mulai pagi sekitar pukul 06.00-09.00 WIB,” tegas Hebi.

Hebi menjelaskan bahwa pelaksanaan CFD ini mengacu pada Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 8 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Wali Kota Surabaya nomor 1 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Dalam Perwali tersebut, sudah ditetapkan ruas-ruas jalan mana saja yang ditutup pada saat CFD.

Untuk CFD yang di Jalan Darmo, mulai persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Dr. Soetomo – Jalan Polisi Istimewa sampai dengan persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Diponegoro. Sedangkan CFD di Jalan Tunjungan, mulai persimpangan Jalan Tunjungan – Jalan Praban – Jalan Gemblongan – Jalan Genteng Kali sampai dengan perbatasan Jalan Tunjungan – Jalan Gubernur Suryo.

Kemudian CFD di Jalan Kertajaya dimulai dari persimpangan Jalan Dharmawangsa – Jalan Kertajaya sampai dengan persimpangan Jalan Kertajaya – Jalan Menur. Lalu CFD di Jalan Jemur Andayani, mulai dari persimpangan Jalan Raya Jemursari – Jalan Jemur Andayani sampai dengan persimpangan Jalan Jemur Andayani – Jalan Raya Kendangsari.

Selanjutnya CFD di Jalan Kembang Jepun yang dimulai dari persimpangan Jalan Kembang Jepun – Jalan Kalimati Kulon sampai dengan persimpangan Jalan Kembang Jepun – Jalan Dukuh. Lalu CFD di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno atau Jalan Merr dimulai dari persimpangan Jalan Kertajaya Indah – Jalan Dr. Ir. H. Soekarno sampai dengan persimpangan Jalan Arif Rahman Hakim –Jalan Dr. Ir. H. Soekarno. Dan terakhir CFD di Jalan Raya Kupang Indah yang dimulai dari Bundaran Satelit – Jl. Raya Kupang Indah sampai dengan  Persimpangan TL. Kupang Jaya.

Dalam setiap pelaksanaan CFD itu, Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan Polrestabes Surabaya, TNI, pihak kecamatan, dan jajaran kelurahan. Pemkot juga mengerahkan personel Satpol PP Surabaya, BPBD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya serta DLH Surabaya untuk membantu pengamanan di setiap lokasi CFD.

“Kami juga berharap masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban selama mengikuti CFD, sehingga diharapkan CFD ke depannya dapat berlangsung dengan aman dan tertib,” pungkasnya. (Q cox)

Reply