Peristiwa

Pojok Statistik ITS – BPS Jatim Menjadi yang Terbaik di Indonesia

23
×

Pojok Statistik ITS – BPS Jatim Menjadi yang Terbaik di Indonesia

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Menjadi Pojok Statistik (Postat) pertama di Jawa Timur, Postat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur kembali menunjukkan prestasi gemilangnya pada ajang Penghargaan Pengelolaan Pojok Statistik. Penghargaan sebagai Penyelenggara Pojok Statistik Terbaik dari 108 penyelenggara Postat di Indonesia ini diserahkan oleh BPS Pusat di Jakarta.

Kepala Postat ITS – BPS Provinsi Jatim Dr Dra Ismaini Zain MSi menyampaikan bahwa penghargaan ini diraih dengan beberapa indikator penilaian. “Postat ITS – BPS Provinsi Jatim dinilai oleh BPS Pusat mempunyai program inovatif, kreatif, dan mampu mengolaborasikan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Tak hanya Ismaini, turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD serta Pembina Pojok Statistik ITS dari BPS Provinsi Jatim Pramana Yhoga Chandra Kusuma SST MT dan Hadi Suroso SSi MAP.

Lebih lanjut diterangkan oleh dosen Departemen Statistika ITS ini, Postat ITS – BPS Provinsi Jatim secara progresif menunjukkan program kerja yang inovatif dalam mendukung kebutuhan statistika di ITS. “Postat ITS – BPS Jatim selalu mengupayakan pengadaan program untuk mendukung target utama dari Pojok Statistik dalam menjadikan mahasiswa sebagai agen statistik,” ungkapnya.

Menyambung pernyataan tersebut, saat ini Postat ITS – BPS Provinsi Jatim mempunyai agen statistik terbanyak yaitu 88 orang mahasiswa. “Tak hanya itu, keunikan agen statistik di Postat ITS – BPS Provinsi Jatim ini sekaligus untuk melakukan Kerja Praktik (KP) pada 44 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jatim,” jelasnya.

Menurut Ismaini, sepak terjang tersebut menjadi salah satu faktor yang mengantarkan Postat ITS – BPS Provinsi Jatim meraih penghargaan bergengsi ini. Momentum tersebut dianggap sebagai capaian baru untuk dapat terus berinovasi dan berkarya oleh Ismaini dan tim. “Menjadi Pojok Statistik terbaik pertama merupakan suatu kebanggaan untuk ITS dan Departemen Statistika ITS,” tuturnya.

Ia juga berharap bahwa predikat sebagai Pojok Statistik Terbaik oleh BPS ini dapat lebih mendorong teaching industry. Yakni suatu kolaborasi antara proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Dengan demikian, tidak hanya dosen dan mahasiswa di ITS, namun seluruh pihak dapat berkolaborasi dengan Postat ITS – BPS Provinsi Jatim,” paparnya.

Turut bangga atas prestasi tersebut, Kepala Departemen Statistika ITS Dr Kartika Fithriasari Msi yang juga pemrakarsa Postat ITS – BPS Provinsi Jatim ini mengungkapkan bahwa penghargaan yang telah diraih akan memacu Postat ITS – BPS Provinsi Jatim menjadi lebih baik dan selalu mencari terobosan baru. “Ke depannya, kerja sama baru akan terus diupayakan bersama Postat ITS – BPS Provinsi Jatim,” ujarnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *