Peristiwa

Zero-Proof Cocktail, Inovasi Cocktail Nol Alcohol

35
×

Zero-Proof Cocktail, Inovasi Cocktail Nol Alcohol

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Industri makanan dan minuman atau F&B (Food and Beverage) terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, tren konsumen, dan kebutuhan pasar. Inovasi terus bermunculan dalam berbagai bentuk, mulai dari bahan baku baru, teknologi pengolahan yang lebih canggih, hingga konsep restoran atau kafe yang baru dan unik.

Salah satunya adalah Zero-proof cocktail, Zero-proof cocktail adalah minuman yang dibuat dengan bahan-bahan yang sama seperti koktail biasa, namun tanpa mengandung alkohol. Zero-proof cocktail dapat menciptakan pengalaman rasa dan estetika yang mirip dengan koktail biasa, tetapi tidak akan menyebabkan efek mabuk. 

Owner Fisixty,Omar Siarief mengatakan Zero-proof cocktail menjadi semakin populer belakangan ini karena semakin banyak orang yang memilih gaya hidup yang lebih sehat dan kurang alkohol, serta karena adanya peningkatan kesadaran akan bahaya alkohol bagi kesehatan. Zeroproof adalah dimensi baru untuk penyebutan minuman non alcoholic, sebelumnya banyak orang menyebut minuman mocktail

“Namun menurut pendapat saya zeroproof bisa di artikan nol alcoholic beverages yang DNA nya di ambil dari classic cocktail dan mostly ingredients nya lebih bervariasi dari pada mocktail botanical, spice, herbs dst, sedangkan untuk mocktail bisa di artikan minuman non alcoholic seperti pada umum nya syrup + syrup + soda / juice. Untuk era sekarang zeroproof pendekatan nya lebih ke non alcoholic cocktail,” katanya.

Sebagai pelopor zero-proof cocktail di Surabaya, Omar mencontohkan salah satu minuman yaitu Negroni Cocktail yang memiliki ingredients Gin, Sweet Vermouth dan Campari dalam campurannya serta rasa yang kompleks, kuat, pahit, dan sedikit manis. “Dalam Zero-Proof Cocktail, Gin digantikan dengan ingredients yang memiliki rasa Bitter, dan Spice,” terangnya.

Diakui Omar tak mudah menciptakan menu zero-proof cocktail mengingat minuman ini memiliki rasa yang mirip dengan cocktail namun nol alcohol (tanpa alcohol sama sekali). “Pengalaman menjadi basic dalam memahami teknik pembuatan minuman ini. Mengingat zero-proof cocktail memiliki DNA classic cocktail,” tutupnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *