Aksi Pencurian Kotak Amal Dini Hari Digagalkan Warga Sidoarjo

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Aksi pencurian kotak amal di Mushala digagalkan warga. Pelaku bernama Mochamad Rofik (42) Warga asal Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih, Probolinggo itu tertangkap warga saat hendak kabur, Jum’at (10/04/2020).

Dengan menggunakan sepeda motor metik, pelaku berhasil ditangkap beberapa warga setelah berhasil menggondol uang kotak amal Mushala AL- Ikhlas yang berlokasi di Desa Tebel Rt.07 Rw.05, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Salah satu saksi dilokasi Munir (26) warga setempat menuturkan, sekira pukul 03.00 WIB., ia yang sedang melintas melihat ada seorang laki-laki yang mencurigakan lantaran kepergok mengangkat kotak amal yang semula berada di tepi jalan di bawa pelaku ke dalam tempat wudhu musala.

“Pelaku terlihat mengeluarkan alat seperti gunting baja dari dalam tasnya untuk merusak gembok kotak amal,” tutur Munir saat ditemui di Mapolsek Gedangan.

Setelah berhasil mencongkel kotak Amal, lanjut Munir, pelaku memasukkan seluruh uang kotak amal ke dalam tas selempang warn hitam yang di pakai pelaku. Tak lama kemudian beberapa warga setempat datang dan menangkap pelaku.

“Bersama warga yang lain pelaku kita tangkap dan uang tunai yang ada didalam tas pelaku berjumlah sekitar 1.022.000 rupiah,” terangnya.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Gedangan Ipda Supratman menjelaskan, setelah mendapat laporan pihaknya langsung mengamankan pelaku berserta beberapa barang bukti diantaranya uang Tunai Sebesar 1.022.000 rupiah, satu buah kotak amal, satu unit sepeda motor honda Vario  Nopol M3086HW, dan tas hitam berisikan obeng, tang, kunci L.

“Kini pelaku kita tahan untuk Penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, dan atas kejadian pencurian ini Mushala AL IKHLAS menderita  kerugian sebesar Rp. 1.022.000 (satu Juta Dua Puluh Dua Ribu Rupiah),” kata Supratman kepada Suarapubliknews dikantornya. (q cox, drie)

Reply