Politik

DPRD Surabaya Dukung dan Kawal Program IMB Rumah Ibadah

58
×

DPRD Surabaya Dukung dan Kawal Program IMB Rumah Ibadah

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – DPRD Surabaya mendukung program Pemkot yang disampaikan Wali Kota Eri Cahyadi soal ajakan kepada masyarakat (takmir) agar segera mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Masjid dan Musala di pemukimannya melalui Kelurahan setempat.

Hal ini disampaikan Josiah Michael anggota Komisi A DPRD Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang mengatakan jika dirinya menyambut baik itikad Eri Cahyadi memberikan kemudahan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah.

“Saya menyambut baik program Walikota Eri Cahyadi untuk mempermudah penerbitan IMB rumah Ibadah di Surabaya,” ujar Josiah Michael di Surabaya, Senin (03/04/2023).

Menurut dia, program ini harus di kawal, jangan sampai program yang bagus ini ada hambatan dan tidak berjalan dengan baik, mengingat masalah ini menjadi jalan keluar atas salah satu permasalahan rumah ibadah.

“Mungkin untuk teknisnya perlu dijelaskan, bagaimana untuk rumah ibadah yang sudah terlanjur berdiri dan akan mengurus IMBnya,” terang Bro Josiah sapaan Josiah Michael.

Dia menekankan, harus ada jaminan dari pemkot bahwa dengan mengurus ijin ini tidak timbul permasalahan yang baru. Artinya, tidak dikhawatirkan akan menimbulkan konflik ketika ada warga yang mengetahui jika rumah ibadah didekat rumahnya ternyata belum memiliki IMB lalu melakukan penolakan.

“Padahal rumah ibadah itu sudah lama berdiri, beroperasi dan selama ini baik-baik saja. Karena provokasi mungkin saja timbul. Lurah juga harus berani berperan aktif, karena selama ini ada oknum lurah yang begitu mengetahui ada penolakan dari warga sekitar langsung terpengaruh tidak mau memprosesnya,” tegas Ketua Bapperda DPRD Kota Surabaya ini.

Josiah Michael menerangkan, saat ini memang masih banyak rumah ibadah yang tidak memiliki IMB di kota Surabaya. Diharapkan dengan komitmen Walikota Eri Cahyadi ini, akan lebih banyak rumah ibadah yang memiliki IMB.

“ Untuk rumah ibadah di kota Surabaya yang mengalami hambatan dalam mengurus IMB rumah ibadahnya, silahkan laporkan ke saya di dewan, atau bisa melalui nomor WA saya 081905590000,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *