Gubernur Khofifah: First Impression, Desain Uang ini Indonesia Banget

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku sangat gembira usai menerima souvenir berupa uang baru pecahan Rp75.000 dari Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur. Souvenir tersebut diberikan Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah kepada Khofifah

“Uang spesial keluaran Bank Indonesia ini menjadi pengingat bahwa di usia ke-75 tahun, Indonesia dan dunia tengah berperang melawan Covid-19. Buat saya sendiri, uang ini punya nilai sejarah yang membuat semua orang teringat akan situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Kemunculan uang ini juga menjadi bagian dari upaya negara membangun optimisme seluruh masyarakat, bahwa Indonesia akan menang melawan Covid-19 dan melanjutkan pembangunan. Kegembiraan Khofifah tidak berhenti sampai disitu. Ia pun mengunggah souvenir tersebut di akun Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip.

Dalam kolom caption Ia pun menyebut bahwa uang pecahan baru tersebut memiliki desain yang sangat keren sejak pandangan pertama. “Dapat kenang-kenangan uang pecahan Rp75.000 dari Pimpinan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur usai mengikuti upacara virtual Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-75, First impression, desain uang ini sangat keren,” ujarnya.

Khofifah juga memuji pilihan gambar pada pecahan uang baru tersebut yang dinilainya “Indonesia Banget. Warna-warni Indonesia begitu nampak jelas dari gambar anak-anak berpakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur Indonesia,” tambahnya.

Eksklusifitas uang tersebut tidak hanya karena diluncurkan saat peringatan HUT RI ke-75 dan dimasa pandemi. Namun juga jumlah uang yang dicetak BI sangat terbatas. “Kata Menkeu, uang pecahan Rp75.000 ini hanya dicetak 75 juta lembar saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia menerbitkan uang rupiah baru Rp 75.000 khusus dalam rangka peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia. Adapun uang baru ini bukan diperuntukkan sebagai alat transaksi, melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. BI beberapa kali pernah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya. (q cox, tama dinie)

Reply