Politik

Ketua DPC PDIP Surabaya Pimpin Giat Tanam Pohon di Kawasan TPA Benowo

15
×

Ketua DPC PDIP Surabaya Pimpin Giat Tanam Pohon di Kawasan TPA Benowo

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya memotori penanaman pohon diantaranya trembesi di kawasan greenbelt TPA Romokalisari, Bonowo, Minggu (2/2/2020) pagi.

Kegiatan itu juga diikuti pengusaha muda, karang taruna, kalangan milenial dan PMI.

Hadir pula perwakilan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), aktivis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), utusan dari Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia (KMHDI), serta aktivis penggerak kegiatan perempuan dari IPK Karangpilang.

Penanaman pohon itu merupakan bagian dari Gerakan Mencintai Bumi, yang dicanangkan DPP PDI Perjuangan dan dipusatkan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Jawa Barat. Gerakan ini dilakukan serentak oleh PDIP di seluruh tanah air, dalam rangka peringatan HUT PDIP ke-47.

“Pagi ini Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, sdan pejabat DPP Partai menanam pohon di area penelitian teh dan kina, di Kabupaten Bandung. Ibu Walikota Surabaya Bu Risma juga hadir di situ,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDIP Kota Surabaya.

Ia mengatakan, gerakan mencintai bumi dari partai berlambang banteng moncong putih itu juga diwujudkan dalam tindakan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga tanah, menjaga sumber air, menjaga kebersihan udara.

“Kalau kemarin Surabaya banjir di beberapa kawasan, diantaranya karena perilaku membuang sampah sembarangan, PDI Perjuangan Surabaya juga nanti membuat kerja bakti dengan warga. Sebagai wujud kesadaran menjaga lingkungan,” kata Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

“Maka, PDI Perjuangan menunjukkan, bahwa politik tidak melulu berurusan dengan kekuasaan. Tapi juga bisa dimanifestasikan diantaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan, tempat kita tinggal,” kata Adi.

Sebelumnya Hadrean Renanda, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, melaporkan kehadiran perwakilan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), utusan mahasiswa Hindhu, GAMKI, PMII, Karang Taruna, PMI, mahasiswa dan anak-anak milenial, serta kader penggerak kegiatan perempuan dari IPK Karangpilang.

“Ini menunjukkan PDI Perjuangan Kota Surabaya bisa menjadi jembatan dialog dan persaudaraan antara berbagai elemen masyarakat, dari berbagai lapisan dan generasi,” kata Hadrean.

Budi Leksono, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, menerangkan gerakan menanam pohon oleh partainya telah mempersiapkan 100 galian dan pohon trembesi. “Kenapa trembesi, pohon ini cepat tumbuh dan memberikan penghijauan di kawasan TPA Benowo,” kata Budi.

Selain Adi Sutarwijono, penanaman pohon juga dikuti oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya Syaifuddin Zuhri, Wakil Ketua Fraksi Hj. Siti Maryam, Dyah Katarina, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono, Wakil Ketua Komisi B Anas Karno, dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Budi Leksono.

“Terima kasih kepada kader dan pengurus PDI Perjuangan Kecamatan Pakal, Benowo, Sukomanunggal, Karangpilang dan wilayah lain yang telah membantu terselenggaranya acara ini,” kata Adi Sutarwijono. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *