Peristiwa

Pertama, 2023 Korea Medical Tourism Festival Hadir di Surabaya

69
×

Pertama, 2023 Korea Medical Tourism Festival Hadir di Surabaya

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Tak hanya terkenal dengan industri hiburannya atau lebih dikenal dengan K-Pop Culture dan sebagai destinasi wisata, Korea Selatan juga memiliki fasilitas rumah sakit dan klinik kecantikan dengan teknologi yang tidak kalah dibandingkan fasilitas yang ada di kawasan ASEAN, Eropa maupun Amerika Serikat yang menjadi jujugan masyarakat.

Kepala Departemen Konten Hallyu Badan Promosi Pariwisata Korea, Cho Hee Jin, mengatakan Hallyu selama ini secara sempit diartikan hanya seputar K-pop ataupun K-Drama, namun Korea masih memiliki banyak pesona yang bisa dieksplor seperti budaya, arsitektur, sejarah, kecantikan, dan industri medisnya.

Hal ini yang melatarbelakangi even “2023 Korea Medical Tourism Festival” (2023 KMTF) di Pakuwon Mall Surabaya yang diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Korea atau yang biasa disebut Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office. KMTF 2023 ini merupakan pertama kalinya di Surabaya sekaligus dalam rangka mengembangkan promosi wisata Korea bidang medis.

Acara tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan Korea sebagai salah satu destinasi medis terbaik di dunia dan juga memberikan sebuah alternatif tujuan baru bagi masyarakat yang menginginkan layanan kesehatan premium dengan teknologi canggih.

Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar terbesar Korea untuk konten terkait Hallyu dan juga pasar potensial untuk wisata medis seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga Kesehatan.

“Oleh karena itu, kami berusaha untuk mengkombinasikan kedua hal tersebut menjadi permintaan pariwisata ke Korea dikarenakan Korea selain menjadi tuan rumah untuk Hallyu juga memiliki fasilitas dan layanan medis yang sudah mendunia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Korea (Selatan) mencapai 3000 orang. Angka ini cukup besar termasuk dari Surabaya yang merupakan kota kedua terbesar di Indonesia.

Mengusung tema “Heal We Go Korea”, masyarakat diajak untuk menjadikan Korea sebagai tempat untuk mencari healing dan kesembuhan. Rangkaian acara 2023 Korea Medical Tourism Festival berlangsung selama 3 hari yang dimulai dengan Korea Medical Tourism Mart pada tanggal 27 Oktober 2023 yang menyasar para pelaku bisnis dengan konsultasi B2B, dan berlanjut dengan Korea Medical Tourism Expo pada tanggal 28-29 Oktober yang terbuka untuk umum.

Konsultasi bisnis pada Korea Medical Tourism Mart (27 Oktober 2023) dihadiri oleh 19 institusi Korea yang terdiri dari 12 institusi medis, 6 perusahaan fasilitator medis, dan 1 badan pariwisata ini memberikan kesempatan kepada kurang lebih 120 undangan untuk membahas perihal potensi kerja sama, pengembangan produk, penjelasan layanan medis Korea, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pada sesi makan siang bertema “Networking Luncheon”, KTO juga menandatangani perjanjian bisnis untuk saling mempromosikan wisata medis Korea dengan Hanwha Insurance. Rangkaian terakhir dari 2023 Korea Medical Tourism Festival yakni Korea Medical Tourism Expo menghadirkan pameran dari institusi terbaik di Korea seperti rumah sakit, klinik, ataupun fasilitator medis bagi para pengunjung yang tertarik untuk mendapatkan informasi seputar layanan medis ataupun cara untuk mendapatkan pengobatan di Korea, tepat di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya.

Selain bisa memperoleh informasi, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kegiatan menarik seperti Instagram challenge, scan gift mystery, kios tea therapy, bermain gim VR, membuat lilin sendiri, mengikuti talkshow menarik, dan masih banyak lagi. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *