HukrimJatim Raya

Ratusan Penghuni Lapas Porong di Test Swab Massal

15
×

Ratusan Penghuni Lapas Porong di Test Swab Massal

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo lakukan tes usap (swab test) covid-19 massal, bekerja sama dengan RSUD dr Soetomo Surabaya, peserta test swab diikuti oleh seluruh pegawai petugas Lapas setempat dan 200 penghuni Lapas, Jumat (18/09/2020).

Dipusatkan di halaman Klinik LapasPorong, kegiatan dipimpin dan dipantau langsung oleh Kabid Pembinaan  Hero Sulistiyono didampingi Kasi Perawatan Prayogo Mubarak. Kegiatan tes swab akan dilakukan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan dilaksanakan secara bertahap.

“Akan dilakukan secara bertahap, hari ini ada 200 orang peserta, terdiri dari 35 orang petugas dan 165 WBP,” terang Kabid Pembinaan Lapas Porong, Hero Sulistiyon dilokasi kegiatan.

Hero menjelaskan kegiatan sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkungan Lapas. Meski sempat ada beberapa pegawai dan WBP yang positif dan dinyatakan sembuh, test swab tetap di gelar.

“Ini sebagai deteksi dini dan menjadi spreader,” tegasnya.

Sementara Kasi Perawatan Lapas Porong, Prayogo Mubarak menegaskan 35 pegawai yang dites selama ini yang berhubungan langsung dengan pelayanan. Seperti regu pengamanan, penitipan barang dan tenaga kesehatan. Termasuk pegawai yang tergolong lansia juga masuk daftar yang harus dites usap hari ini.

“Untuk 165 WBP yang dites adalah yang tergolong lansia dan ada yang kontak erat dengan pasien sebelumnya. Hasilnya belum bisa keluar. Senin akan ada tes usap lagi, rencananya 200 orang lagi akan dites,” tandasnya. (q cox, drie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *