Jatim Raya

Timbulkan Bau dan Lalat, Usaha Ayam Potong di Desa Juwet Kediri Didemo Warga

116
×

Timbulkan Bau dan Lalat, Usaha Ayam Potong di Desa Juwet Kediri Didemo Warga

Sebarkan artikel ini

KEDIRI (Suarapubliknews) – Ratusan warga Desa Juwet Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri menggelar aksi di Kantor Desa dengan tuntutan penutupan kandang usaha ayam potong, karena dinilai tidak memperhatikan kesehatan lingkungan. Kamis (6/2/2020)

Pasalnya, usaha ayam potong milik PT Ciomas Adisatwa ini memunculkan bau kotoran ayam yang menyengat dan belakangan malah memunculkan lalat di sekitar tempat usahanya.

“Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan kami terhadap pemilik perusahaan,” Ucap Suryanto (48) warga setempat saat melakukan aksi di Kantor Desa Juwet.

Suryanto dengan tegas mengatakan, jika Pihak PT Ciomas Adisatwa masih ingin menggunakan kandangnya, maka harus alih fungsi. Bukan untuk peternakan ayam potong lagi.

“Yang merasakan dampak dari kegiatan usaha itu adalah kami sebagai warga juwet, jadi pemilik perusahaan harus memahaminya,” tegas Suryanto.

Dilokasi, Moh Sholeh (44) selaku wakil dari perusahaan sempat bersitegang dengan warga, namun bisa diredam setelah keduanya bisa membuat kesepakatan bersama.

Terpisah, Suyanto Kepala Desa Juwet mengaku jika pihaknya telah mengingatkan perusahaan meski secara lisan, namun tidak mendapatkan respon.

Kkemudian saya ingatkan lagi barulah mereka mau datang ke kantor desa. Usaha ternak ayam ini di perkirakan hampir berjalan antara 3 bulanan,” Pungkas Kades yang Akrap disapa Maz Yanto ini. (q cox, Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *