Humas Jatim Raih Dua Penghargaan di Ajang PRIA Awards 2020

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Humas dan Protokol Setda Jatim mampu meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2020.

Kedua penghargaan tersebut yaitu, pemenang penghargaan Gold Winner untuk Sub Kategori Aplikasi lewat aplikasi Sistem Monitoring Media (SiMOMED). SiMomed sendiri adalah antarmuka berbasis aplikasi Android yang bisa digunakan sebagai sarana transparansi media kepada publik.

Penghargaan kedua pemenang Silver Winner untuk Sub Kategori Media Cetak lewat Majalah Prasetya. Dimana, Majalah Prasetya sendiri merupakan majalah bulanan yang diterbitkan setiap bulan dan dikelola langsung oleh Biro Humas dan Protokol.

Kepala Biro Humas dan Protokol Prov. Jatim Agung Subagyo mengatakan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pihaknya. “Utamanya di era kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak yang sangat menginginkan kemudahan akan akses kemediaan dalam mensosialisasikan dan menginformasikan program program pemerintah provinsi Jawa Timur kepada masyarakat,” katanya.

Penghargaan tersebut juga menunjukkan pentingnya peran humas untuk bisa menghadirkan informasi yang akurat tentang program pemerintah dalam rangka pembangunan daerah dan nasional

Di era digital saat ini ada pergeseran cara publik mendapatkan informasi. Masyarakat cenderung mendapatkan informasi melalui media sosial ketimbang membaca atau menyimak langsung dari media mainstream sebagai sumber utama.

“Oleh sebab itu, humas pemerintah dituntut untuk semakin kreatif dan dapat menangkap peluang dengan baik dalam memanfaatkan saluran publikasi yang semakin beragam dan disukai masyarkat dari beragam latar belakang usia,” terang Agung.

Tantangan humas lainnya, di tengah upaya percepatan pencegahan covid-19, tugas utama Humas adalah menghadirkan sosok, pikiran, kebijakan, serta kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim sebagai representasi pemerintah pusat di tengah masyarakat.

Untuk itu, dengan penghargaan PR Indonesia Award 2020 ini, Agung menegaskan bahwa Humas Pemprov Jatim akan terus bekerja untuk bisa menyampaikan berbagai informasi dan edukasi yang diperlukan masyarakat Jatim.

“Kita sangat berharap, semoga pandemic covid-19 ini segera berlalu dengan cerita-cerita baik yang bisa disampaikan oleh humas ke seluruh masyarakat Jawa Timur,” pungkas Agung. (q cox, tama dinie)

Reply