Jaga Silaturahmi, Koramil 0815/08 Dawarblandong Tekankan Binjaring Teritorial

MOJOKERTO (Suarapubliknews) – Koramil 0815/08 Dawarblandong menggelar pembinaan jaring (binjaring) kepada masyarakat yang ada di wilayah teritorialnya.

Kegiatan yang digelar di halaman Koramil 0815/08 Dawarblandong tersebut bertujuan untuk menjaga silaturahmi dengan mitra karib yakni masyarakat, perangkat desa, hingga tokoh agama.

Selain itu, menurut Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Caj M. Lutfi Anam pelaksanaan binjaring juga untuk meningkatkan kualitas Babinsa yang selama ini bertugas mendampingi desa.

“Jadi poinnya kami ingin menjalin hubungan yang baik dengan mitra karib, sehingga ada informasi apapun bisa masyarakat sampaikan kepada Babinsa kami,” ujar Kapten Caj M. Lutfi Anam.

Danramil 0815/08 Dawarblandong juga siap hadir jika masyarakat mengalami kesulitan. Poinnya, mereka berharap segala permasalahan yang ada di bawah bisa segera terselesaikan.

“Memang kami tidak bisa menyelesaikan, tetapi setidaknya kami bisa menginformasikan kepada atasan kami, contohnya dandim dan danrem sehingga beliau beliau bisa menindaklanjuti,” imbuhnya.

Program Binjaring dari TNI sendiri rutin dilakukan dua kali dalam setahun. Artinya, ada satu agenda setiap semesternya. Produk konkret hasil dari binjaring yang bisa dirasakan masyarakat, diantaranya pendampingan pertanian, Program jamban, hingga Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni).

Hal ini sesuai dengan Tugas Pokok TNI sesuai Undang-Undang No 34 Tahun 2004, yang mana selain menjalankan tugas Operasi Militer Perang (OMP), TNI juga mengemban tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang mana beberapa poin diantaranya yaitu membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. (q cox, Wid)

Reply