Laksanakan Rekapitulasi Suara, PPS dan PPK di Kabupaten Jember Kelelahan

JEMBER (Suarapubliknews) – Tahapan Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara hasil Pemilu 2019 sepertinya memang sangat melelahkan petugas ditingkat PPS dan PPK, karena terkesan rumit sehingga memerlukan waktu yang panjang.

Kondisi ini terjadi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Puger Kabupaten Jember, yang tampak kelelahan akibat volume pekerjaan yang meningkat. Dampaknya, waktu yang disediakan tidak cukup dan harus molor.

“Sampai hari ini proses rekapitulasi Penghitungan Suara di tingkat Desa kita masih berjalan lancar dan sekarang sedang berjalan tiga desa yakni Desa Grenden, Puger Kulon dan Kasiyan Timur,” ucap Ulung PPK Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Minggu (21/4/19).

Menurut dia, selain itu Jumlah TPS yang meningkat 100 persen dari Pemilu sebelumnya dan banyaknya Formulir-Formulir model C yang harus di isi oleh petugas Pemilu. Namun bagi Ulung, hal tersebut tidak menjadi kendala

Ulung mengatakan, bahwa Kecamatan Puger merupakan wilayah dengan jumlah Desa terbanyak di Dapil 5 Kabupaten Jember yaitu 12 Desa dengan jumlah TPS 362 dan DPT 97530.Di harapkan akan selesai maksimal 10 hari.

“Agar semua pihak juga ikut membantu pelaksanaan pemilu di kecamatan Puger berjalan lancar sesuai aturan dan semua pihak ikut mengawasi,” lanjutnya.

Hal senada juga di ungkapkan Ketua PPK Gumukmas Gufron Asruri,keterlambatan proses penghitungan suara merupakan sebuah proses artinya bukan merupakan suatu kesalahan yang di sengaja.

“Proses penghitungan di tingkat KPPS yang kita perkirakan selesai sampai jam 8 malam,tapi ternyata sampai molor sehari lebih, dan ada beberapa desa yang belum selesai sehingga memungkinkan keterlambatan itu terjadi,” tuturnya.

Dia mengatakan jika semuanya memang mengalami kelelahan karena waktu yang di perhitungkan sedemikian rupa sesuai bimtek ternyata tidak sesuai yang kita harapkan.

“Jelas menyita tenaga yang luar biasa namun sampai hari ini tidak ada petugas yang mengalami jatuh sakit,” tandasnya.

Gufron mengharapkan kegiatan rekapitulasi di Kecamatan Gumukmas ini Sukses,tertib dan aman, sehingga proses yang di lalui ini sesuai jadwal yang ada. (q cox, Thr)

Reply