PT Agri Makmur Pertiwi di Kediri Mampu Ekspor 40 Ton Benih Jagung Manis ke Cina

KEDIRI (Suarapubliknews) – PT Agri Makmur Pertiwi berhasil ekspor

40 ton benih jagung manis dengan tujuan negara Cina yang diangkut menggunakan peti kemas sebanyak empat armada.

Secara simbolis, pemberangkatanya dilepas oleh Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno yang mewakili Menteri Pertanian RI bersama Direktur Utama PT. Agri Makmur Pertiwi Junaidi Sungkono

Sebelum pelepasan benih jagung manis, Dirjen Hortikultura beserta rombongan berkeliling meninjau tempat produksi hingga laboratorium benih milik PT Agri Makmur Pertiwi.

Dirjen bersama rombongan tampak kagum, karena tidak menyangka jika  di Kabupaten Kediri memiliki perusahaan besar yang bergerak di bidang perbenihan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Agri Makmur Pertiwi, Junaidi Sungkono mengatakan, bahwa kegiatan ekspor ini sudah berjalan 3 tahun.

“Kami sangat senang bisa ekspor ke negara Cina, dimana sebaliknya Cina juga salah satu negara yang mengekspor barang ke Indonesia. Untuk varietas jagung manis ini sudah diekspor 3 kali dan akan terus kita tingkatkan. Sebenarnya kita juga sudah ekspor produk kami ke negara lain seperti Vietnam, Filipina, Malaysia tapi jumlahnya sedikit,” Ucapnya Jumat (10/1/2020)

Untuk perusahaan benih di Kabupaten Kediri, pihaknya akan lebih bersemangat dan berinovasi untuk menciptakan varietas baru yang akan diterima oleh petani.

“Yang jelas kami perusahan benih yang berbasis riset. Semua akan berkompetisi dan yang menjadi pemenang adalah petani, karena petani memiliki banyak sekali pilihan. Benih dan harganya pun akan lebih bersaing lagi,” lanjut Junaidi.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrino memberikan apresiasi kepada PT. Agri Makmur Pertiwi yang telah berhasil menembus pasar luar negeri.

“Ekspor yang dilakukan oleh perusahaan ini memang sudah dilakukan selama 3 tahun dan setiap tahun terjadi peningkatan. Saya harapkan ekspor benih dari Kabupaten Kediri bisa lebih banyak lagi. Kedepannya tidak hanya benih tanaman saja, tetapi bisa produk lain yang kita ekspor keluar negeri dan kita akan terus berupaya mewujudkannya,” kata Bupati

Dengan ekspor ini, lanjut Bupati, bisa dipastikan kualitas benih yang dihasilkan bagus dan akan berpengaruh pula pada para petani Kabupaten Kediri untuk meningkatkan produk pertaniannya.

Sementara itu Dirjen Holtikultura Prihasto Setyanto menjelaskan, bahwa  penelitian-penelitian yang dilakukan perusahaan ini mampu menghasilkan benih-benih unggul yang berkualitas ekspor.

“Dengan demikian benih yang dihasilkan memiliki daya saing jika dibandikan dengan perusahaan lain. Karena di Kementerian banyak sekali yang mengajukan ijin ekspor tapi kami saring dulu agar benih yang diekspor ini kualitasnya benar-benar kompetitif,” pungkasnya. (q cox, Iwan)

Reply