Serunya Wabup Kartika Ikut Nyanting Batik Khas Lamongan Sepanjang 72 Meter

LAMONGAN (Suarapubliknews) – Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati ikut guyub meramaikan kegiatan membatik dengan canting dalam peringatan Hari Koperasi ke-72 yang digelar di Terminal ASDP Paciran, Rabu (17/7) pagi.

Wabup yang akrab disapa Mbak Atik ini, nampak luwes memainkan canting di kain, hingga membentuk batik khas Lamongan, yaitu motif bandeng lele, dan paduraksa. Selain Wabup, tak kurang dari seratus orang terlibat dalam acara batik massal ini. Kesemuanya mampu menghasilkan batik dengan panjang 72 meter.

Menurut Kartika, Acara batik massal ini sangat positif dalam rangka menjaga kebudayaan asli Lamongan, sekaligus sebagai promosi pariwisata.

“Selain itu, dari segi ekonomi juga baik bagi masyarakat. Kita harus tingkatkan, karena beberapa diantaranya sudah menembus pasar luar negeri,” ujarnya.

Wabup juga bicara terkait potensi koperasi di Lamongan yang perlahan memiliki peran krusial dalam roda perekonomian masyarakat Lamongan.

“Koperasi sejauh ini cukup baik, termasuk dalam mengembangkan usaha mikro. Namun yang perlu diperhatikan, kita harus memiliki daya saing, baik secara pemasaran, maupun kemasan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Wabup berharap seluruh pihak ikut terlibat dalam pengembangan UMKM dan koperasi di Lamongan, khususnya pemerintah desa setempat yang punya peran langsung.

Sebagai informasi, selain kegiatan membatik massal, peringatan Hari Koperasi ke-72 di Lamongan juga diwarnai gelaran ngulek massal 1.000 lele penyet oleh ibu-ibu anggota koperasi wanita (Kopwan). (q cox, wid)

Reply