Jika Hasil Tesnya Non Reactive, 164 Santri Asal Malaysia Bakal Dipulangkan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Setelah berkoordinasi dengan kedubes Malaysia, 164 santri asal Malaysia di Pondok Pesantresn Al Fatah Magetan yang hasil rapid testnya non reactive, akan dipulangkan ke malaysia pada senin (27/4/2020) esok.

Santri yang dipulangkan tersebut akan diangkut dengan menggunakan 10 bus yang disediakan oleh Pemprov Jatim, menuju ke bandara Juanda dan diterbangkan dengan menggunakan Malaysia Airlines.

“Namun sebelum dipulangkan 164 santri itu terlebih dahulu akan dilakukan rapid test ulangan untuk mengetahui kesehatan para santri sebelum pulang ke negara asalnya,” kata Heru Tjahyono Sekdaprov Jatim. Sabtu (25/04/2020)

Menurut Sekdaprov Jatim, tim tracing gugus tugas covid-19 Jatim telah melakukan rapid test kepada santri Ponpes al fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur, dan menemukan 31 orang yang reactive rapid test.

Setelah dilakukan swab PCR terhadap 31 santri tersebut, hasilnya ada 14 santri yang dinyatakan positif covid 19. dari 14 santri yang positif covid 19 itu, ada 8 santri asal Malaysia, dan sisanya dari thailand, kamboja, philipina serta indonesia.

“Selanjutnya 14 santri positif covid 19 ini langsung dibawa ke rumah sakit rujukan untuk diobservasi dan mendapatkan perawatan intensif,” pungkasnya. (q cox)

Reply