Sapa Lumajang, Gubernur Khofifah Dorong Kebangkitan UMKM

LUMAJANG (Suarapubliknews) – Berbagai Ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran Covid -19 terus dimasifkan oleh Pemprov Jatim bersama pemerintah kabupaten/kota. Salah satunya yaitu dengan terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes), utamanya untuk pemakaian masker.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wabup Lumajang Indah Amperawati serta para pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 (Survivor Covid-19), bersepeda/gowes bersama sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan terutama bermasker sekaligus mendorong kebangkitan UMKM di Lumajang.

Mengambil start di Pendopo Kab. Lumajang, dengan menggunakan Kaos hitam Bertuliskan “Pakai  Masker” warna hijau rombongan langsung melanjutkan aktifitas ke Pasar Klojen dan dilanjutkan ke Pasar Baru, dan diakhiri di titik finish UMKM Strudel Pisang dengan total jarak tempuh sepanjang 7 Km. Disetiap titik yang di lewati Gubernur perempuan di Jatim itu, berkesempatan membagikan masker.

Menariknya dikesempatan itu, Gubernur Khofifah juga melakukan siaran langsung di Radio Suara Lumajang yang juga menyosialisasikan informasi tentang kepatuhan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan seiring dengan aktifitas ekonomi.

Khofifah mengatakan, edukasi dan penggunaan masker yang terus dilakukan dan digencarkan merupakan upaya edukasi kepada masyarakat terhadap penggunaan masker secara aman dan benar. Menurutnya, hari-hari ini penggunaan masker harus terus di sosialisasikan kepada masyarakat.

Jangan sampai menggunakan masker satu lapis, melainkan harus tiga lapis sesuai arahan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) “Pengunaan masker itulah yang jadi benteng diri kita agar terlindungi dari penyebaran Covid-19,” katanya.

Dalam kunjungan ini Gubernur Khofifah juga didampingi Sekdaprov Jatim Heru Tjahyono, Kakanwil BPN Jatim Jonahar, Kanwil Kemenag Jatim,  Dirut Bank Jatim Busrul Iman,  Forpimda Kab. Lumajang, serta beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim maupun Kabupaten  Lumajang.

Pada setiap titik yang dilewati, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini pun tidak lupa membagikan masker sambil terus berpesan agar masyarakat tetap patuh dan disiplin menggunakan masker dengan aman dan benar. Sebab, menggunakan masker saja tidaklah cukup.

Selain membagikan masker, Khofifah juga membagikan sembako kepada penarik  becak, dan masyarakat sekitarnya seperti  tukang parkir, supir bemo dan masyarakat kurang mampu disepanjang perjalanan Gowes.

Gubernur Khofifah kembali berpesan agar masyarakat terus menerapkan Prokes secara ketat disamping kepatuhan dan disiplin yang diprioritas. “Saya ingin pesankan disiplin dan patuh terhadap Prokes menjadi hal prioritas. Maka, bagi masyarakat yang sehat jangan sampai tertular sedangkan yang tertular segera berobat ke rumah rumah sakit rujukan yang tersebar di 127 rumah sakit rujukan di seluruh Jatim,” tambahnya.

Di akhir gowes nya, Khofifah mengunjungi Rumah Alta yang menjual produk UMKM yang menjual oleh-oleh Khas Lumajang seperti Strudel Pisang. (q cox, tama dinie)

Reply